3:11 pm - Senin November 22, 7356

YPAP Desak KIP Sosialisasi Pemilu Bagi Penyandang Disabilitas

203 Viewed Redaksi 0 respond
YPAP Desak KIP Sosialisasikan Pemilu Bagi Penyangdang Disabilitas

Pengurus YPAP (kiri) Saat berbincang Dengan Ketua KIP Aceh Utara, M.Rizal, Sekretaris KIP Lhokseumawe (kanan)| (Foto: dok.YPAP/PR)

Lhokseumawe–Yayasan Permata Atjeh Peduli ( YPAP), Jumat (07/3) bertandang ke kantor Komisi Independent Pemilihan ( KIP ) Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe guna meminta pihak KIP di dua wilayah itu agar bisa mensosialisasikan pemilu 2014 kepada para penyandang disabilitas.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut, pihak YPAP diterima langsung oleh Ketua KIP Aceh Utara, Jufri Sulaiman, S.Sos diruang kerjanya. Sementara saat menyambangi kantor KIP Kota Lhokseumawe, pihak YPAP diterima oleh Muhammad Rizal, S.Sos, MSi, selaku Sekretaris KIP  Kota Lhokseumawe.

Kepada  PikirReview.Com, pihak YPAP mengatakan bahwa pihak KIP di dua wilayah itu hingga saat ini masih mengeluhkan masalah surat suara dalam bentuk Braile untuk penyandang tuna netra yang belum dikirim oleh KPU Pusat.

Single content advertisement top

Kegiatan YPAP ini merupakan bagian dari program yayasan tersebut dalam upaya peduli antar sesama sehingga kaum disabilitas juga mendapat hak pilih mereka sebagai warga negara Indonesia.

Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Undang-Undang No. 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat, dimana para openyandang disabilitas adalah bagian masyarakat Indonesia yang memiliki hak, kewajiban dan peran yang sama sebagai bangsa.

“Karena itu, pihak YPAP sebagai lembaga sosial kemasyarakatan mitra pemerintah mendesak pihak KIP Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe untuk melakukan sosialisasi pemilu kepada warga penyandang disabilitas. Mengingat masih banyak penyandang disabilitas di kedua wilayah itu yang belum memiliki akses terkait pemilu yang semakin dekat”, tulis pengurus YPAP, M.Faizal, SKM dalam rilisnya.

Pihak YPAP juga merilis  data penyandang disabilitas di Aceh Utara hingga saat ini berjumlah 3.136 orang, sedangkan untuk wilayah Kota Lhokseumawe berjumlah 1.448 orang. Para penyandang disabilitas yang sudah didampingi oleh YPAP berjumlah 532 orang diwilayah Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Pihak YPAP juga berharap agar pemerintah, dalam hal ini KIP mampu menyediakan aksesibilitas fisik yang memadai kepada warga penyandang disabilitas dalam pemilu 2014 ini, sehingga mereka juga bergairah hidupnya di masa depan, sebagai bagian warga negara Indonesia. (rilis/mf)

Editor: Safta

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Polda Aceh Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu

RRI Lhokseumawe Gelar Diskusi ‘Nuansa Demokrasi’

Related posts
Your comment?
Leave a Reply