3:11 pm - Kamis November 22, 6835

Wow..Ilmuwan China ‘Bikin’ Gigi dari Air Kencing

424 Viewed Redaksi 0 respond

Beijing, China–Bukan sulap, bukan sihir. Percaya atau tidak, air seni atau urin ternyata dapat menumbuhkan gigi manusia. Hal ini didapat dari hasil penemuan ilmuwan yang dipublikasikan dalam Cell Regeneration Journal baru-baru ini.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa urin dapat digunakan sebagai sumber sel induk yang pada gilirannya dapat berkembang menjadi struktur gigi baru. Temuan ilmuwan Tiongkok ini diharapkan dapat dikembangkan menjadi cara untuk menggantikan gigi yang copot.

Namun, para peneliti sel induk lainnya mengingatkan hal itu menghadapi banyak tantangan. Pasalnya, menggunakan sumber yang tidak lazim.

Laman BBC menyebutkan, tim peneliti di seluruh dunia kini sedang mencari cara agar dapat menumbuhkan gigi baru untuk menggantikan gigi yang hilang karena faktor usia dan kesehatan gigi yang buruk.

Kelompok ilmuwan Guangzhou Institutes of Biomedicine and Health,  menggunakan urin sebagai titik awal. Sel yang biasanya dikeluarkan dari tubuh, seperti yang berasal dari lapisan cairan tubuh, dipanen di laboratorium. Sel-sel yang terkumpul selanjutnya dikondisikan sedemikian rupa sehingga menjadi sel induk.

Single content advertisement top

Campuran sel-sel dan bahan lain lantas ditanamkan ke hewan. Setelah tiga minggu, ternyata sebuah bundel sel mulai menyerupai gigi, dengan bagian pulpa, dentin, ruang enamel dan organ enamelnya.

“Namun, “gigi” ini tidak sekeras gigi alami. Paling tidak, bisa dilakukan studi lebih lanjut dalam upaya regenerasi gigi manusia untuk terapi klinis,” ujar para peneliti di Tiongkok.

Sementara seorang ilmuwan sel induk di University College London, Prof Chris Mason, mengatakan,  urin adalah titik awal yang buruk. “Ini mungkin salah satu sumber terburuk, ada sangat sedikit sel di tempat pertama dan efisiensi mengubahnya menjadi sel induk sangat rendah,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan terjadi risiko kontaminasi, seperti melalui bakteri, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sumber-sumber lain dari sel. (BBC/JPNN)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Ups, Kera Dapat Tularkan Penyakit Malaria ‘Macacca’

Es Kutub Terus Mencair, Tsunami Besar Ancam Daratan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply