4:34 am - Senin November 20, 2017

Wartawan AJI se-Aceh Ikuti Uji Kompetensi Jurnalis

337 Viewed Redaksi 0 respond
Wartawan AJI se-Aceh Ikuti UKJ

Para jurnalis AJI Sedang Serius Mengikuti UKJ di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe (foto: rizky m/pr)

Lhokseumawe–Wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan media online mengikuti Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe bekerja sama dengan Ford Foundation di Hotel Lido Graha,  8-9 Februari 2014.

Dua hari sebelumnya, Jumat (7/02), lalu, AJI juga menggelar diskusi media terkait isu-isu sensitiv peliputan media online, yang diikuti 25 peserta dari kalangan  mahasiswa, LSM dan akademisi.

Single content advertisement top

Sedangkan, Kegiatan UKJ  khusus diperuntukkan bagi wartawan anggota AJI, yang diikuti oleh 30 peserta. Para peserta berasal Langsa, Aceh Timur, Lhokseumawe, Aceh Utara, Bireuen, Aceh Tengah dan Banda Aceh.

Hadir para penguji dalam UKJ tersebut adalah Budisantoso Budiman, Asep Saifullah, Willy Pramudya, Maskur Abdullah, Maimun Saleh serta penguji tandem; Ayi Jufridar, Zainal Bakri, Adi Warsidi, M. Hamzah, Mukhtar Yacob, Uzair dan Agus Budiono.

Menurut Willy Pramudya,  Kepala Divisi Etik & Pengembangan Profesi AJI Pusat, tujuan dari kegiatan UKJ ini, untuk peningkatan profesionalisme wartawan agar nantinya mereka tersertifikasi seperti layaknya guru, dokter dll.

“Proses UKJ ini berlangsung sangat ketat sehingga jika ada wartawan yang tidak mempunyai kompeten sesuai dengan standar yang telah ditetpakan, maka akan dinyatakan gugur dan harus mengikuti UKJ pada kali berikutnya” jelas Willy, kepada PikirReview.Com, Minggu (9/02) malam.

Menurutnya, dalam pengujian  kompetensi itu wartawan dituntut harus menguasai pengetahuan umum, pengetahuan khusus jurnalistik, hukum pers, sejarah pers Indonesia maupun global serta teori dan kode etik jurnalistik berikut prakteknya, karena tujuan uji kompetensi ini nantinya sebagai Laboratorium Sekolah Jurnalisme.

Sementara,  Ketua Panitia, Saiful Bahri mengatakan, UKJ kali ini merupakan yang ke dua kali diselenggarakan di Aceh. Dan para anggota AJI wajib mengikuti UKJ  kalau mau profesional.

“Para peserta yang ikut serta kali ini ada tiga tingkatan yaitu wartawan muda, wartawan madya dan wartawan utama”, ujarnya.

Dia juga menambahkan, “dari semua peserta tahap kedua UKJ kali ini, yang siap jadi penguji ada  dua wartawan anggota AJI; Ayi Jufridar dan Zainal Bakri”, pungkasnya. (rm)

Editor: Safta

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Wali Kota Banda Aceh Tutup Usia

GeRAK Cium Mark-Up Dana Pembebasan Lahan di Aceh Selatan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply