3:57 pm - Jumat Agustus 18, 2017

Warga Scotlandia Kayuh Becak Dari Museum Tsunami Ke Jakarta

362 Viewed Redaksi 0 respond
Bule Scotlandia memulai Aksi Dayung Becak dari Banda Aceh ke Jakarta (foto: acehkita)

Banda Aceh-– Warga Skotlandia, Scott Thompson, resmi memulai perjalanan dari Banda Aceh menuju perbatasan DKI Jakarta, Minggu (27/9. Perjalanan itu dimulai dari gedung Museum Tsunami Aceh.

Perjalanan Scott Thompson dari Banda Aceh dilepas oleh Kepala Dinas Pariwisata Aceh Reza Fahlavi, Sekretaris Jenderal Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Muhammad Farhan.

Single content advertisement top

Scott akan mengayuh becak sepanjang 2.612 kilometer. Saban hari, ia akan mengayuh selama 10 hingga 12 jam dengan target dalam 22 hari akan tiba di Jakarta.

Ia akan menggunakan becak dayung yang sudah dimodifikasi –dilengkapi gear, GPS, dan lampu. Becak ini tidak memiliki mesin, sehingga memang digerakkan dengan mengayuh pedal.

Becak yang dicat merah dan putih itu dinamakan “Flying Merah Putih”, merujuk pada kereta api tua yang menjadi ikon Skotlandia “Flying Scotsman”.

Sepanjang perjalanan menyusuri sejumlah provinsi dan kota yang ada di Sumatera, Scott akan menggalang dana bagi empat yayasan, yaitu YCAB, Mary’s Cancer Kiddies, Yayasan Puspita, dan Wisma Cheshire.

Muhammad Farhan, yang juga Project Director becakterus.com, menyebutkan, perjalanan amal ini menargetkan mengumpulkan satu juta dolar –yang semuanya akan disumbangkan kepada empat lembaga itu.

“Selama tiga pekan ke depan mengayuh becak, penderitaan yang saya alami secara fisik dan mental tidak ada apa-apanya dibandingkan daya tahan masyarakat Aceh ketika menghadapi tsunami 10 tahun lalu,” ujar Scott kepada wartawan di Museum Tsunami Aceh, seperti dilansir acehkita.com, kemarin pagi.

Scott punya alasan memulai perjalanan amalnya ini dari Banda Aceh, sebuah kota yang sempat porak-poranda dihantam tsunami 10 tahun silam.

Ia berharap, perjalanan ini bisa menginspirasi generasi muda di Indonesia untuk menggalang dana bagi yayasan sosial.

“Banyak yang muda-muda yang bisa melakukan ini,” kata Scott. “Saya berharap, mereka akan mengambil kesempatan ini dan bilang ‘Saya akan lari dari Bali ke Jakarta lebih cepat dibandingkan Scott’ atau ‘Saya akan ngebecak dari Aceh ke Jakarta lebih cepat dan mengumpulkan lebih banyak uang dibandingkan Scott’.”

Aktivitas Scott bisa dipantau melalui website becakterus.com. Di sana, ia akan berbagi foto, video, dan cerita mengenai perjalanan menyusuri Pulau Sumatera hingga berakhir di Jakarta. Melalui website itu, Scott juga mengumpulkan dana secara online. (acehkita/pr).

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Di Jepang, Perempuan Lebih Memilih Rumah Tangga Daripada Karier

Related posts
Your comment?
Leave a Reply