8:55 pm - Selasa November 21, 2017

Wah…Pesawat Tenaga Surya Keliling Dunia

376 Viewed Redaksi 0 respond

Pesawat Tenaga Surya Ujicoba Keliling Dunia (image: solar impulse/keiben.com)

Swiss–Sebuah pesawat bertenaga surya yang akan dibawa dalam perjalanan keliling dunia pada 2015 bakal melakukan penerbangan perdananya hari ini, Senin (2/6). The Solar Impulse 2 akan lepas landas dari Bandara Payerne di Swiss.

Pesawat baru itu merupakan versi upgrade lebih besar dari pesawat yang terbang melintasi Amerika tahun lalu dipiloti petualang Bertrand Piccard dan Andre Borschberg. Mereka ingin mendorong penggunaan energi alternatif sebagai standar di pesawat terbang.

Dikutip JPNN dari BBC, Senin (2/6), Solar Impulse 2 telah menyelesaikan serangkaian tes di darat dan ujicoba lepas landas dalam beberapa pekan terakhir hingga hampir mencapai take-off di landasan.

Penerbangan perdana ini dilakukan setelah pemimpin proyek Solar Impulse 2 yakin semua sistem sudah siap untuk tes terbang di udara. Pesawat itu bakal terbang di atas Swiss pada sekitar 07:30 Central European Summer Time atau 06:30 WIB.

Single content advertisement top

Solar Impulse terbuat dari serat karbon dan memiliki lebar 72 meter lebih lebar dari pesawat Boeing 747 tapi beratnya hanya 2,3 ton.

Bagian atas sayap ditutupi 17 ribu sel surya yang mendorong empat motor listrik brushless dengan kecepatan hingga 140 kilometer per jam. Pada siang hari sel surya akan mengisi ulang baterai lithium, yang kemudian dapat digunakan untuk menjaga baling-baling pesawat untuk terus berputar sepanjang malam.

Sebelumnya, pesawat pertama Solar Impulse membukukan sejumlah rekor dunia, termasuk penerbangan berawak terpanjang bertenaga surya, 26 jam dan juga penerbangan pertama antarbenua dengan pesawat bertenaga surya. (bbc/jpnn/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Hah…BPOM Temukan 302 Laman Internet Penjual Obat Palsu

Robot Bisa Pahami Emosi Manusia?

Related posts
Your comment?
Leave a Reply