12:36 pm - Senin November 20, 2017

Wah….LA Times Kembangkan Robot Jadi Jurnalis

294 Viewed Redaksi 0 respond
single-thumb.jpg
LA Times Pekerjakan Robat Sebagai Wartawan

LA Times Kembangkan Robot Jadi Wartawan (image: income-in-poker.com)

Los Angeles–Koran ‘LA Times’ menjadi pelopor penggunaan teknologi robot di media untuk pelaporan berita. Postingan pertama robot yang dijuluki ‘robo-journalism’ itu adalah laporan tentang gempa di California.

Ide penggunaan robot berasal dari wartawan sekaligus programmer bernama Ken Schwencke. Dia menciptakan suatu algoritma yang secara otomatis menghasilkan sebuah artikel pendek ketika gempa terjadi.

Single content advertisement top

“Butuh waktu sekitar tiga menit agar ceritanya muncul di online. Robot jurnalis akan semakin banyak digunakan dalam newsroom di seluruh dunia,” ujarnya, seperti dilansir BBC, Selasa (18/3).

Dijelaskannya, dalam laporan pertama yang ditulis robot tersebut menyebutkan tentang kejadian gempa dangkal berkekuatan 4,7 richter pada Senin pagi, lima kilometer dari Westwood , California.

Laporan itu mengacu US Geological Survey. Gempa terjadi pada pukul 06:25 waktu setempat pada kedalaman 5 mil.

Selain melaporkan gempa, algoritma lainnya melaporkan adanya peristiwa  kejahatan di dalam kota. Sementara editor hanya perlu memutuskan mana yang perlu menjadi prioritas.

“Para wartawan tidak perlu khawatir, sebab robot ini tetap tidak akan bisa menggantikan peran wartawan. Alat ini hanya pelengkap,” pungkasnya. (bbc/jpnn)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Perluas Jangkauan Internet, Facebook Sebarkan Pesawat Tak Berawak

Kajian Fisika Ungkap Kedahsyatan Kapal Nabi Nuh

Related posts
Your comment?
Leave a Reply