7:33 am - Selasa November 21, 2017

Wah…Ada 6.550 Juta Pengawas Parpol Dibiayai Negara

111 Viewed Redaksi 0 respond
Wah...Ada 6.550 Juta Pengawas Parpol Dibiayai Negra

Ilustrasi Pengawasan Perhitungan Suara Pemilu (wordpress)

Jakarta–Jika disetujui DPR maka akan ada 6.550 juta pengawas pemilu dari partai politik. Setidaknya ada 1,1 juta mitra pengawas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di luar Pengawas Pemilu Lapangan (PPL).

Sehingga total uang negara yang akan digunakan untuk membiayai saksi parpol adalah 6.550 juta dikalikan dengan Rp 100 ribu per orang. “Ini adalah kebijakan yang ironis,” kata koordinator Kelompok Sipil, Very Junaidi, di Jakarta, yang dikutip dari republika.co.id, Rabu (22/1).

Very mempertanyakan alasan kenapa negara yang harus bertanggung jawab atas biaya dari saksi parpol? Menurut dia, semestinya Bawaslu memperkuat sistem pengawasan pemilu di tiap TPS tanpa melibatkan saksi-saksi dari parpol.

Jika alasannya adalah untuk meminimalisir kecurangan saat pencoblosan, kata dia,  justru dengan memperbanyak saksi dari nonparpol adalah jawabannya. Saat ini pengawas mandiri dan Bawaslu kekurangan SDM. Bahkan ada petugas Bawaslu yang harus mengawasi tiga TPS sekaligus.

Single content advertisement top

Hal tersebut tentu fakta yang harus dipelajari Bawaslu. “Dana itu tidak masalah dicairkan, asalkan tidak dialokasikan untuk saksi parpol. Sebab parpol harus bertanggung jawab mandiri untuk saksi-saksinya di TPS,” ujar dia. (rol/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Pakar: Urus Indonesia Butuh 1.300 Orang Baik

prev-next.jpg

Dana Saksi Parpol 700 M Bukti Negara Amburadul

Related posts
Your comment?
Leave a Reply