4:58 pm - Selasa November 21, 2017

Ups….DPRA Usulkan Rp 50 Milyar Untuk Pelantikan Wali Nanggroe !

244 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) mengusulkan alokasi dana Rp 50 miliar, untuk pelantikan mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Malik Mahmud sebagai Wali Nanggroe Aceh.

Usulan itu disampaikan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Aceh Perubahan (RAPBA-P) 2013, yang sedang dibahas DPRA.

Ketua Komisi A DPRA dari Fraksi Partai Aceh, Adnan Beuransyah, mengatakan anggaran sebesar itu untuk persiapan terhadap pengukuhan Wali Nanggroe, mulai dari pakaian, panitia, seminar, simposium dan kegiatan lainnya selama tujuh hari.

“Ini menyangkut persiapan-persiapan, untuk baju, panitianya juga banyak,” katanya kepada wartawan, di Gedung DPRA di Banda Aceh, Selasa (1/10/2013).

Single content advertisement top

Pengukuhan Wali Nanggroe direncanakan berlangsung meriah pada Desember 2013. Legislatif bersama eksekutif Aceh, sebut Adnan, akan duduk kembali nanti untuk menentukan tanggal pelantikan. Sementara panitia pengukuhan diserahkan kepada Pemerintah Aceh.

Menurutnya, pelantikan Wali Nanggroe akan dilakukan bersama kenduri raya yang akan dihadirkan pejabat dari Pemerintah Daerah, Pusat, para ulama, duta besar dan masyarakat. “Direncanakan juga, tapi ini belum pasti, mengundang raja-raja yang diakui pemerintah, seperti Raja Jogja,” ujar Adnan.

Dia mengatakan pihaknya hanya mengusulkan alokasi dana maksimun Rp 50 miliar, sementara persetujuannya nanti akan diputuskan berdasarkan besaran anggaran Pemerintah Aceh.

Seperti diberitakan sebelumnya, Malik Mahmud awalnya direncanakan dilantik sebagai Wali Nanggroe Aceh pada 20 September lalu oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Belakangan SBY tak menjadwalkan pengukuhan Wali Nanggroe dalam kunjungannya ke Aceh saat itu.

DPRA kemudian membatalkan menggelar sidang paripurna khusus pengukuhan Wali Nanggroe pada tanggal tersebut. (sindonews)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

DPRA Tolak Anggaran Korpri

Tak disenangi Dewan, Akhirnya Ruhut Mundur dari Calon Ketua Komisi III

Related posts
Your comment?
Leave a Reply