11:18 am - Jumat September 22, 2017

Unsyiah Buka Pendaftaran Tes TPBI Bagi Siswa SMA Sederajat

307 Viewed Redaksi 0 respond
Ilustrasi (bisnisaceh)

Banda Aceh–Sebanyak 2.320 orang mendaftar Tes Penjajakan Bidang Ilmu di Universitas Syiah Kuala (TPBI Unsyiah) Banda Aceh, dengan rincian masing-masing pendaftar IPA 1988 orang dan IPS 332 peserta.

“Tes ini untuk memberikan gambaran awal tentang kemampuan intelektual, minat, dan bakat para siswa SMA/SMK/MA. Pendaftaran TPBI akan ditutup pada Kamis (27/11),” kata Kepala Humas Unsyiah Ilham Maulana di Banda Aceh, seperti dilansir antara, kemarin.

Dijelaskan, tes tersebut akan memberikan nilai prediktif kemampuan siswa secara individual dan nilai perbandingan dengan skor peserta lain pada tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional berdasarkan materi yang sama.

Single content advertisement top

Namun, ia menyebutkan dari total peserta yang mendaftar itu  baru sebanyak 1.853 orang yang telah melakukan pembayaran. Sementara yang telah mencetak kartu ujian yaitu 1.606 orang.

“Pencetakan kartu ujian adalah proses final pendaftaran untuk mengikuti ujian. Meskipun TPBI bukan salah satu jalur masuk ke Unsyiah, namun nilai ujian TPBI tersebut akan dijadikan sebagai salah satu kriteria penilaian kelulusan pada jalur masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),” katanya.

Ilham menjelaskan, tahun lalu (2013) banyak siswa yang gagal masuk Unsyiah melalui jalur itu karena tidak memiliki nilai TPBI. Oleh karena itu, kusus untuk Unsyiah, perolehan nilai TPBI akan mempengaruhi kelulusan di Unsyiah melalui jalur SNMPTN.

Sementara itu, ujian tulis TPBI akan berlangsung pada 30 November 2014. “Hanya siswa tingkat SMA sederajat kelas 12 semester 1 yang boleh mengikuti TPBI. Peserta hanya dapat memilih lokasi ujian sesuai dengan pilihan PTN-nya,” kata dia menambahkan.

Enam PTN yang menyelenggarakan TPBI yaitu, Universitas Malikussaleh (Unimal), Unsyiah, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Jambi (Unja), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan Universitas Borneo Tarakan (UBT). (ant/pr)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

STAIN Malikussaleh Gelar Kuliah ‘Komunikasi Antar Budaya Pasca Konflik ‘

MIUMI Aceh: Dosen UIN Ar-Raniry Banyak Berpaham Liberal

Related posts
Your comment?
Leave a Reply