10:11 am - Kamis September 21, 2017

Turnamen “Netball’ Khusus Wanita Hebohkan Malaysia

455 Viewed Redaksi 0 respond
Ilustrasi (kemlu.go.id)

Kuala Lumpur–Malaysia menggelar turnamen bola jaring (netball) khusus wanita untuk pertama kalinya di timur laut negara bagian Kelantan. Permainan bola jaring adalah olahraga yang mirip basket dan populer di Malaysia.

Dalam turnamen tersebut, semua pemain diharuskan memakai kostum yang sopan dan penonton pria dilarang menyaksikan.

“Sebenarnya, olahraga ini sudah disesuaikan dengan hukum Allah. Jadi muslim dan non-muslim tidak perlu lagi mempertanyakannya,” kata ketua Nomite Olahraga dan Kepemudaan Non-Pemerintah Kelantan, Ramli Mamat kepada Star Online.

Turnamen yang hanya berlangsung beberapa hari itu digelar hanya untuk wanita.

Single content advertisement top

Meski tidak mengizinkan penonton pria, para pemain muslim atau non-muslim tetap diharuskan memakai kostum longgar dan berlengan panjang.

Kendati dianggap sukses oleh partai penguasa Kelantan, Parti Islam se-Malaysia (PAS), turnamen tersebut mendapat kritik karena mempromosikan pemisahan dan ketidaksetaraan gender dalam masyarakat.

“Bahkan jika mereka tidak bisa inklusif dalam hal gender di bidang olahraga, saya tidak bisa membayangkan apa lagi yang akan mereka lakukan untuk mengurangi kegiatan untuk semua gender,” Datuk Nur Jazlan Mohamed, wakil rakyat dari wilayah Pulai.

Pejabat Malaysia lainnya juga menilai turnamen tersebut adalah langkah salah yang akan berdampak pada pariwisata.

“Syukurlah, kegiatan olahraga nasional tidak mengenal pemisahan semacam itu,” kata wakil rakyat Selangor, P. Kalamanathan, yang juga menjabat Deputi II Menteri Pendidikan Malaysia.

Dalam membela keputusannya, panitia bersikeras bahwa turnamen tersebut telah sesuai dengan ajaran Islam. “Saya menolak bahwa turnamen itu dikatakan sebagai cara menghancurkan keharmonisan ras di Kelantan,” kata Ramli.

Ramli bahkan berencana akan menggelar acara olahraga khusus wanita lainnya. “Meski keputusan ini tidak populer, kami yakin itu tidak akan membunuh olahraga netball.”

“Selain itu, para atlet juga telah menyelamatkan diri mereka dari api neraka,” tambah Ramli. (dream/star-online)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Kalahkan Argentina 1-0, Jerman Juara Dunia

Hajar Korsel 2-1, Australia Juara Piala Asia

Related posts
Your comment?
Leave a Reply