12:57 pm - Selasa Oktober 24, 2017

Ternyata Mudik Menyimpan Fakta Unik

396 Viewed Redaksi 0 respond
Ilustrasi (tribunnews)

PikirReview--Sudah menjadi tradisi tahunan setiap menjelang hari raya Idul Fitri masyarakat Indonesia berbondong-bondong mudik ke kampung halaman. Tak hanya menjadi ajang menyambung silaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara, Mudik kini sudah menjadi cara wajib masyarakat untuk merayakan Lebaran.

Dilansir dream.co.id, hari ini, disamping itu ternyata mudik masih menyimpan segudang fakta unik yang menarik untuk diketahui.

Jakarta Mendadak Bebas Macet
Saat mudik, Anda akan menemukan fakta bahwa Jakarta menjadi lebih lengang dari hari biasanya. Hampir separuh penduduk Jakarta meninggalkan Ibukota untuk kembali ke kampung halamannya.

Single content advertisement top

Anda yang tidak melaksanakan mudik lebaran pasti pernah merasakan Jakarta yang sepi bagaikan kota tanpa penduduk. Ini tentu menjadi momen yang jarang terjadi sekaligus membahagiakan. Karena kemacetan yang menjadi ‘sumber stres’ sehari-hari warga Jakarta seakan lenyap begitu saja dalam beberapa hari.

Angka kematian kecelakaan meningkat drastis

Tingginya arus lalu lintas saat musim mudik berujung pada meningkatnya angka kecelakaan. Di berbagai pemberitaan media kita dapat menyaksikan bagaimana padatnya arus lalu lintas ketika mudik lebaran dan banyak pula peristiwa kecelakaan kendaraan bermotor yang terjadi. Tak sedikit pula di antaranya yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Angka kematian dari kecelakaan lalu lintas saat musim mudik dari berbagai jenis kendaraan, baik sepeda motor, mobil, truk hingga bus antarkota meningkat drastis dalam setiap harinya.

Sampah di Jakarta berkurang hingga 25 persen

Banyaknya populasi warga Jakarta berdampak pada sampah rumah tangga yang dihasilkan. Maka ketika musim mudik tiba dan sebagian besar masyarakat pergi ke kampung halaman, Jakarta berhasil mengurangi produksi sampah per harinya hingga sebanyak 25 persen.

Mudik tak hanya ada di Indonesia

Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa hanya Indonesia yang memiliki tradisi pulang kampung alias mudik setiap tahunnya. Jangan salah, tradisi mudik ternyata juga berlaku di negara-negara lain. Beberapa negara di Asia punya ‘ritual’ mudik saat menyambut hari raya Idul Fitri.

Contohnya di India, warga muslim di sana juga melaksanakan mudik lebaran. Bahkan aktivitas mudik di sana bisa dibilang lebih ekstrem daripada di Indonesia. Meski jumlah muslim di India minoritas, namun semarak mudik lebaran di negara tersebut begitu terasa. (dream/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Sambut Ramadhan, Di Aceh Ada Tradisi ‘Meugang’

Pesanan Zionis, Google Hapus Peta Negara Palestina

Related posts
Your comment?
Leave a Reply