9:00 pm - Selasa November 21, 2017

Terbatas Pasokan, Harga Sayur Mayur Melambung di Aceh

305 Viewed Redaksi 0 respond

Jelang puasa, sejumlah harga sayur mayur mulai melambung naik di pasar-pasar tradisonal di Aceh (image: metroterkini)

Banda Aceh–Kenaikan harga sayur mayur seperti wortel, tomat, bawang merah dan bawang putih hampir merata terjadi di Aceh akibat terbatasnya pasokan dari daerah sentra, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat, Safwan.

“Kenaikan itu terjadi sejak sebulan terakhir dikarenakan terbatasnya pasokan dari daerah sentra seperti Sumatera Utara, dan wilayah tengah Aceh (Aceh Tengah-Bener Meriah,” katanya di Banda Aceh, seperti dilansir antaraaceh, hari ini.

Single content advertisement top

Hal tersebut disampaikan disela-sela memantau kenaikan harga sembilan bahan pokok masyarakat di pasar tradisional Peunayong Kota Banda Aceh dan Pasar Induk Lambaro, Aceh Besar.

Menurut dia, kenaikan harga sayur mayur di Aceh menjelang Puasa Ramadhan 1435 Hijriah berkisar antara 50 hingga 150 persen dari harga normal sebelumnya.

“Kami akan berupaya melakukan langkah-langkah agar kenaikan sayur mayur tersebut tidak sampai menimbulkan keresahan masyarakat terutama menjelang Puasa Ramadhan tahun ini,” katanya menambahkan.

Harga bawang putih impor sebelumnya Rp7.000/kilogram, kini naik tajam menjadi Rp20.000/kilogram, wortel naik sebesar 100 persen yakni dari Rp7.000 menjadi Rp15.000/kilogram.

Tomat produksi petani Aceh Tengah dari sebelumnya berkisar Rp5.000/kilogram namun kini naik menjadi Rp11.000/kilogram, dan kentang dari Rp8.000 menjadi Rp9.000/kilogram.

Telor ayam ras dari sebelumnya Rp28.000/keping (30 butir) namun kini naik menjadi Rp32.000/keping. Sementara gula pasir juga mulai meranjak naik yakni menjadi Rp12.000/kilogram dari Rp11.000/kilogram.

Seorang pedagang, Rizal menyebutkan naiknya harga sayur mayur ditingkat pedagang pengecer khususnya di Kota Banda Aceh itu karena harga tebus ditingkat pedagang besar naik sejak sebulan terakhir.

“Perkiraan kami, harga sayur-mayur itu akan terus melonjak dikarenakan meningkatnya permintaan masyarakat khususnya menjelang Puasa Ramadhan,” kata dia menjelaskan. (ant/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Aceh Siap Ekspor Ikan Tuna ke Jepang

Pertamina ‘Blacklist’ 89 Perusahaan Sewa Tanker

Related posts
Your comment?
Leave a Reply