8:41 pm - Senin November 20, 2017

Tambang Emas Runtuh di Sudan, Sekurangnya 52 Orang Tewas

241 Viewed Redaksi 0 respond

Khartoum— Sebuah tambang emas di negara bagian Darfur, di kawasan barat Sudan, runtuh awal pekan ini. Diperkirakan puluhan orang tewas dan masih banyak lagi korban hilang.

Lima puluh dua mayat sejauh ini telah ditemukan, kata Menteri Informasi untuk Otoritas Daerah Darfur, Yaqub alDamuki, seperti dikutip CNN, Kamis (2/5/2013). Pencarian, ujar Yaqub, masih terus dilakukan.

Televisi pemerintah Ashorooq TV mengatakan, runtuhnya tambang menewaskan lebih dari 60 orang karena terjadi ketika para pekerja sudah masuk ke dalam area tersebut, Senin (29/4/2013). Lokasi tambang yang runtuh ini berada di daerah Jeber Amir yang masuk wilayah Kota El Serief di kawasan utara Darfur.

Single content advertisement top

Saksi mata bernama Hamid alTijanimengatakan, kawasan tambang di wilayah ini tak tertata dengan baik. Terowongan tambang sangat dekat satu sama lain, kata Hamid alTijani. Menurutnya, kawasan itu seharusnya ditutup dan kemudian ditata ulang. Al-Tijani mengatakan, jumlah korban tewas kemungkinan masih akan bertambah.

Selain tak aman, tambang-tambang ini juga menjadi dasar pertempuran antar-suku yang berebut hak atas tanah dan pertambangan. Ratusan orang sudah tewas karena perang suku ini.

Penggalian tambang memang booming di kawasan ini, sebagai salah satu upaya negara tersebut meningkatkan ekonominya. Pada 2011, Sudan Selatan memisahkan diri dari Sudan, dengan membawa sebagian besar pendapatan minyak dari negara induknya.

Sumber: CNN/Kompas.com

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Israel Bombardir Tepi Gaza

Rezim Suriah kembali Serang Warga, 50 Tewas

Related posts
Your comment?
Leave a Reply