3:11 pm - Jumat November 24, 7702

Tahun 2014 Kemendikbud Alokasikan BOPTN Rp 3,2 Triliun

350 Viewed Redaksi 0 respond
Seleksi Masuk Calon Mahasiswa Baru PTN tahun 2014 (foto: pikirreview)
Seleksi Masuk Calon Mahasiswa Baru PTN tahun 2014 (foto: pikirreview)

Seleksi Masuk Calon Mahasiswa Baru PTN tahun 2014 (foto: pikirreview)

Jakarta--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) 2014 senilai Rp3,2 triliun. Anggaran 2014 naik Rp500 juta dibanding tahun kemarin.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Patdono Suwignyo, dalam diskusi di Gedung Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, seperti dilansir metrotvnews, Jumat (20/6, megatakan, alokasi BOPTN lewat Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan sangat membantu bagi mahasiswa kurang mampu.

BOPTN direalisasikan dan disalurkan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Pemerintah mengalokasikan dana bantuan operasional PTN dari anggaran fungsi pendidikan.

Patdono menjelaskan, pemerintah menetapkan Standar Satuan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (SS BOPTN) secara periodik ditetapkan tahunan dengan mempertimbangkan capaian standar satuan biaya pendidikan unit cost yang harus ditanggung mahasiswa per semester.

“Besarnya unit cost tidak sama setiap PTN, tergantung pencapaian standar tiap masing-masing PTN. Unit costnya bisa dikatakan lebih mahal jika dibandingkan dengan prodi lainnya atau tergantung prodinya,” jelas Patdono.

Single content advertisement top

Ia mencontohkan, PTN yang berakreditasi A akan lebih mahal besarannya jika dibandingkan dengan PTN berakreditas C. Begitu pun juga dengan fasilitas PTN, jika PTN memiliki fasilitas lebih baik seperti misalnya terfasilitasi wifi, lebih mahal besarannya jika dibandingkan dengan PTN lain yang tak punya fasilitas canggih.

Ia menambahkan, untuk mahasiswa prodi kedokteran tentu akan lebih mahal biayanya ketimbang mereka yang kuliah di prodi ilmu sosial dan sastra.. “Jadi prodi tentu tidak boleh disamakan satu sama lain,” terang Patdono. (metrotv/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Sebanyak 3.771.037 Siswa Lulus UN SMP, Aceh Tertinggi Tidak Lulus

AMPP Dirikan Posko Darurat Pendidikan, Tuntut Kadisdik Aceh Mundur

Related posts
Your comment?
Leave a Reply