4:55 pm - Selasa November 21, 2017

Survey: Dokter dan Mahasiswa Kedokteran Alami Stress Tinggi

309 Viewed Redaksi 0 respond

Melborne--Sebuah survei nasional mendapati, dokter-dokter dan mahasiswa kedokteran di Australia mengalami stress psikologis pada tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan komunitas pada umumnya.

Organisasi kesehatan mental di Australia, Beyond Blue, mewawancarai lebih dari 14.000 dokter dan mahasiswa kedokteran. Studi ini mendapati, satu dari lima mahasiswa dan satu dari 10 dokter pernah mempunyai pikiran untuk bunuh diri.

Hampir empat persen dokter mengalami stress psikologis tingkat tinggi. Angka ini jauh lebih tinggi dari komunitas pada umumnya.

Single content advertisement top

Beyond Blue mengatakan, dokter kanker adalah yang paling stress di antara semua dokter spesialis, sedangkan dokter muda perempuan yang paling beresiko mengalami gangguan kesehatan mental.

Mantan ketua Ikatan Dokter Australia dan penasehat Beyond Blue, Dr Mukesh Haikerwal, mengatakan, bekerja di sektor kesehatan tidak mudah. “Kami mengalami banyak trauma,” katanya kepada ABC. “Trauma psikologis, trauma fisik dan hal-hal lain yang mempengaruhi cara kami bekerja.”

Dr Haikerwal mengatakan, stress bisa mulai muncul sejak masih kuliah. Banyak bullying yang terjadi di bagian-bagian tertentu dalam proses studi. “Dan tentu saja jam kerja yang berat sebelum menjadi dokter penuh,” katanya.

Direktur eksekutif Beyond Blue, Kate Carnell, mengatakan, banyak dokter masih enggan mengakui bahwa mereka mempunyai masalah kesehatan mental dan membutuhkan perawatan. “Hampir 59 persen dokter merasa malu menjadi pasien dari dokter lainnya,” katanya.

Carnell mengatakan, stigma tentang kesehatan mental dalam komunitas medis masih kuat. “Sekitar 45 persen merasa, mengalami depresi atau kecemasan adalah tanda kelemahan,” katanya. (ABC Radio Australia)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Banyak Tidur Tak Baik Untuk Jantung

Ahli Penyakit Dalam UI: Koruptor Penderita Penyakit Jiwa

Related posts
Your comment?
Leave a Reply