3:11 pm - Kamis November 23, 4597

Suara Penyanyi Mampu Pecahkan Kaca

150 Viewed Redaksi 0 respond

PikirReview–Lengkingan suara tinggi hingga memecahkan kaca ternyata tidak hanya dijumpai dalam tayangan film. Seorang penyanyi yang melantunkan suara pada frekuensi dan amplifikasi yang tepat dapat memecahkan kaca.

Pengaruh suara penyanyi pada kaca telah dibuktikan tahun 2005. Ketika itu, penyanyi rock Jamie Vendera direkrut oleh Discovery Channel dalam program “Mythbusters” untuk menguji suara yang kuat.

“Butuh beberapa kali mencoba, tapi ia akhirnya mampu menghancurkan gelas anggur dengan suaranya,” tulis Livescience, Jumat 31 Mei 2013, yang dikutip Tempo.co.

Sesuai hukum fisika, semua benda memiliki frekuensi alami, yaitu frekuensi yang bisa membuat suatu obyek bergetar. Jika sebuah garpu diketukkan ke gelas anggur, suara mendengung yang dihasilkan itulah frekuensi alaminya.

Nah, suara manusia juga mampu memproduksi frekuensi alami yang sama yang dapat menggetarkan kaca. Fenomena yang dikenal sebagai resonansi ini terjadi karena suara penyanyi memindahkan partikel udara di dekatnya hingga menabrak kaca seperti gelombang yang tak terlihat.

Single content advertisement top

Ketika suara penyanyi diperkuat, gelombang ini akan merambat lebih kuat. Dengan amplifikasi yang tepat, kaca bisa bergetar begitu kuat hingga pecah. Tentu saja, untuk mendapatkan hasil yang dramatis seperti itu, kondisinya harus tepat.

Akan lebih mudah bagi penyanyi untuk, misalnya, memecahkan kaca yang sangat tipis. Apalagi jika gelas anggur sudah memiliki beberapa retakan kecil, akan lebih mudah bagi penyanyi untuk menghancurkannya hingga berkeping-keping. (Tempo)

Editor: Redaksi/sna

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Prospek Iklan Diigital 2015 Tembus Rp 4,1 Triliun

Inggris Gelar Kontes Anjing Kloning

Related posts
Your comment?
Leave a Reply