8:12 am - Sabtu November 18, 2017

STAI Al-Muslim Berubah Status Menjadi IAI Al-Muslim Aceh

516 Viewed Redaksi 0 respond

Pintu masuk Kampus STAI Al-Muslim Peusangan Bireuen (foto: Halim AR/PR)

Bireuen – Proses perubahan nama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Muslim Bireuen menjadi Institut Agama Islam (IAI) Al-Muslim, Aceh tidaklah mudah. Pihak STAI Al-Muslim harus melalui beberapa tahapan hingga diterima oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Masyarakat Bireuen dan sekitarnya boleh bergembira, karena saat ini STAI Al-Muslim Peusangan Bireuen sudah berubah status menjadi Institut Agama Islam AI – Al-Muslim, Aceh. Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 1216 Tahun 2014 tertanggal 03 Maret 2014.

“Ya, kami harus melalui beberapa tahapan, diantaranya pengajuan proposal, ketersediaan lapangan, presentasi, dan keputusan/persetujuan dari Bapak Menteri Agama RI,” ungkap Rektor IAI Al-Muslim, Aceh, Dr. Saifullah, S.Ag., M.Pd kepada PikirReview, dua hari lalu di kampus setempat.

Saifullah menambahkan, pihaknya tidak mendapatkan kendala yang berarti dalam mengajukan perubahan status kampus ini. Meskipun ada hal-hal yang dipertanyakan namum semua persyarakat dapat kami penuhi.

Single content advertisement top

“Alasan mengapa kami meminta nama IAI Al-Muslim, Aceh, karena Bireuen tempo dulu pernah menjadi Ibukota RI ke-tiga. Selain itu, pada tahun 1930 Bireuen sudah memiliki sarana pendidikan tinggi, sedangkan di daerah lain belum ada, wajar sekali kita memperjuangkan IAI Al-Muslim, Aceh,” tukus Rektor IAI Al-Muslim ini.

Untuk persyaratan alumni, kata Saifullah, IAI Al-Muslim dengan mudah melaluinnya, pasalnya, beberapa alumni STAI Al-Muslim berada di luar negeri dan juga sebagai pemangku kepentingan di Aceh dan Nasional.

“Alumni STAI Al-Muslim, Peusangan  ada yang di DPR RI, di pemerintah Aceh, dan Jakarta, saat ini akreditasi kampus kita berada diperingkat B,” pungkas Rektor. [HL]

Editor: Safta

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Sanggar Mirah Delima Umuslim Akan Pentaskan Seni di Korsel

BEM UI Tantang Prabowo dan Jokowi Dialog

Related posts
Your comment?
Leave a Reply