8:58 am - Rabu November 22, 2017

SPP Naik, Mahasiswa Unsyiah Demo Rektorat

245 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh—Aksi demonstrasi puluhan mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, menolak kenaikan SPP berlangsung rusuh. Unjuk rasa di Biro Rektor Unsyiah yang dimulai pukul 10.00 WIB, berlangsung aman. Namun, seorang staf Biro Rektor memarahi massa, sehingga memicu emosi mahasiswa.

Mahasiswa mencoba mengejar staf tersebut. Beruntung, beberapa pengunjuk rasa dan beberapa satpam dan sejumlah polisi meredam kemarahan rekan-rekannya.

Single content advertisement top

Aksi tersebut tidak hanya sampai di situ, yakni mahasiswa berupaya membakar ban bekas di depan lobi, namun upaya itu dihalangi satpam. Seorang satpam yang membawa tabung racun api berupaya menyemprotkan ke ban bekas. Namun, mahasiswa menghalang-halangi dan berhasil merebut tabung api dan melemparkannya keluar lobi biro rektor.

Belum reda aksi tersebut, tiba-tiba seorang satpam dengan tabung racun api dari dalam gedung menyemprotkan ke arah massa. Tak ayal, puluhan mahasiswa berhamburan dari tempat tersebut.

Aksi tersebut sempat menyulutkan kemarahan mahasiswa. Beberapa pengunjuk rasa sempat melempar biro rektor dengan batu. Namun, kemarahan massa akhirnya diredam oleh rekan-rekan mereka.

Pembantu Rektor Unsyiah Rusli Yusuf yang menjumpai mahasiswa mencoba menjelaskan kebijakan universitas terkait pembayaran SPP. Namun, mahasiswa tetap menolak penjelasan dan mendesak Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal menjumpai mereka.

Namun, Rektor Unsyiah tidak kunjung menjumpai massa. Massa yang tidak sabar mencoba menerobos masuk Biro Rektor, namun upaya mereka gagal karena dihadang sejumlah satpam.

Barulah dua jam kemudian, Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal menjumpai mahasiswa. Dalam penjelasannya kepada pengunjuk rasa, ia menegaskan tidak ada kenaikan SPP di Unsyiah.

“Saya tidak pernah teken kenaikan SPP. Tunjukan mana surat kenaikan SPP yang saya teken. Jadi, sekali lagi tidak ada kenaikan SPP,” ujar Prof Samsul Rizal.

Melihat Rektor langsung masuk, mahasiswa mengejar petinggi perguruan tinggi negeri tersebut. Namun, lagi-lagi upaya mahasiswa masuk Biro Rektor Unsyiah dihadap petugas keamanan.

Mahasiswa yang kecewa langsung berteriak “Copot rektor dari jabatannya. Rektor Unsyiah bencong.” Reza Maulana, koordinator lapangan aksi, di sela-sela unjuk rasa, mengatakan kenaikan SPP Unsyiah sudah menjurus komersialisasi yang membebani mahasiswa.

“Kenaikan SPP ini tidak beralasan. SPP Unsyiah sekarang ini berkisar Rp500 ribu hingga Rp17,96 juta. Karena itu, kami mengajak pihak-pihak yang merasa dirugikan atas kenaikan SPP ini harus melakukan perlawanan terhadap kebijakan tersebut,” kata Reza Maula. (ANT)

Editor: Muhajir

News Feed
Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

MPU Aceh: Asmara Subuh Haram

Lima Titik Rawan Kecelakaan Jadi Fokus Dishub Aceh Utara

Related posts
Your comment?
Leave a Reply