12:23 am - Selasa November 21, 2017

Setelah Rudi, KPK Bidik Pejabat & Pemain Migas

313 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meyakini ada pelaku lain turut melakukan korupsi di sektor migas, selain Rudi Rubiandini (Kepala SKK Migas no-aktif) yang kemarin tertangkap tangan menerima suap. Apalagi karakter dasar perbuatan korupsi itu sifatnya sistemik, dan sarat akan korupsi politik yang dipastikan pelaku tidak mungkin hanya 1 atau 3 orang.

“Karena ada kebijakan dirumuskan, artinya terindikasi ada unsur perbuatan melanggar hukum. Kalau itu ke atas sampai pimpinan akan menjadi kewajiban hukum bagi KPK untuk memanggil (diperiksa). Prinsipnya gitu,” ujar Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas, usai upacara HUT Kemerdekaan RI, di KPK, Sabtu (17/8).

Single content advertisement top

Busyro mengatakan tidak menutup kemungkinan atasan Rudi, yakni para petinggi ESDM juga ikut terlibat dalam kasus ini. Misalnya dalam hal mengeluarkan suatu peraturan kebijakan terkait pengelolaan hulu migas. Peraturan itu harus disepakati oleh petinggi ESDM dan disetujui Menteri ESDM melalui SK Menteri.

Dari sana, persekongkolan bisa saja terjadi antar petinggi ESDM. Karena suatu kebijakan mengandung unsur kekuasaan yang bisa disalahgunakan. “Itu ada unsur melegalkan sesuatu yang ilegal. Kebijakan-kebijakan atau Peraturan UU, termasuk SK menteri, bisa juga melegalkan sesuatu yang legal misal untuk mendapatkan keuntungan,” ujar Busyro.

Jika memang ada indikasi kesana, lanjut Busyro, KPK pun tak segan-segan bakal memanggil petinggi ESDM termasuk Jero Wacik, untuk diperiksa dalam kasus ini. Sebab, pemanggilan seseorang untuk diperiksa, sudah pasti keterangannya dibutuhkan berkaitan dengan kasus yang disidik.

“Kalau ga ada arah (terlibat), KPK ga mungkin berani mengganggu (memanggil), memanggil sebagai saksi saja itu sudah harus ada kajian yang matang. Pertanyaan yang disiapkan dengan matang,” tegas Busyro. Kasus yang menjerat Rudi, mantan wakil menteri ESDM, ini semakin menarik. Sebab, Rudi yang dijuluki “The Rising Star” dari dunia migas ini juga merupakan komisaris Bank Mandiri.

Ada dugaan pengangkatan Rudi sebagai komisaris bank BUMN itu guna memuluskan transaksi dari perusahaan minyak asing kepada negara. Jika memang dugaan tersebut benar, maka proses pengangkatan Rudi bisa berkasus lantaran masuk dalam penyalahgunaan kewenangan.

Diketahui, Rudi diangkat menjadi komisaris Bank Mandiri oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan. Dengan demikian, bukan saja Menteri ESDM Jero Wacik yang berpeluang besar terseret dalam kasus Rudi, melainkan juga Menteri BUMN Dahlan Iskan. (merdeka.com)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

68 Tahun Merdeka, Kesejahteraan Bangsa Baru Retorika

BIN Rekomendasikan Polri Sweeping Senpi

Related posts
Your comment?
Leave a Reply