7:33 am - Selasa November 21, 2017

Setelah Ditemukan Koin Mas, Pemda Baru Teliti Rawa Makam Kuno

130 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Meski lokasi temuan ‘harta karun’ koin emas sudah dipasang police line di rawa Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja Banda Aceh. Namun pengunjung dari berbagai daerah di Aceh dan luar Aceh masih saja berdatangan untuk melihat lokasi yang bikin heboh ‘dunia’ itu.

Pantauan pikirreview.com di lokasi, Minggu (17/11), selepas dhuhur warga mulai berdatangan, dan ba’da ashar, pengunjung semakin banyak saja yang hendak melihat lokasi temuan benda bernilai sejarah tersebut.

Untuk sampai ke lokasi hanya bisa dicapai dengan kendaraan roda dua yang berjarak dari Gampong Merduati sekitar 1,5 Km. Walaupun Kota Banda Aceh dan sekitar habis diguyur hujan, dan jalan ke lokasi ‘harta karun’ licin dan becek, pengunjung tidak perduli dan tidak surut.

Di pinggir rawa dan juga di tengah rawa yang tanahnya berlumpur lokasi ‘harta karun itu terdapat sejumlah makan kuno.

Single content advertisement top

Makam-makam kuno tersebut sebagian ada yang tidak utuh lagi dan batu nisannya sudah berserakan akibat terjangan tsunami 2004 lalu. Dan sebagian lagi masih ada yang utuh layaknya lokasi perkuburan yang terawat dengan baik.

Seperti diberitakan oleh media, lokasi temuan koin emas dan pedang bergagang emas VOC kerajaan Aceh itu, saat ini sudah mulai diteliti oleh dinas purbaka provinsi Aceh.

Para pengunjung merasa heran, kenapa saat setelah geger temuan koin emas itu baru pemerintah daerah perduli dengan situs atau makam kuno, sementara sejarah juga memaparkan adanya Gampong bekas kerajaan dulu yang bernilai historis.

“Kita penasaran ke sini karena media gencar memberitakan temuan harta karun koin mas, aturannya dulu-dulu jua dipugar agar jadi aset wisata sejarah. Nah, ini setelah geger baru ahli meneliti, agak lucu sekali,” ujar salah seorang pengunjung dari luar Aceh yang tidak mau disebutkan namanya. (sna)

 

 

 

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Gubernur Aceh Promosi Investasi di Australia

Australia Sadap Percakapan Telepon SBY

Related posts
Your comment?
Leave a Reply