10:39 pm - Senin November 20, 2017

Sepanjang 2013, 147 Polisi & 5 TNI Lakukan Penembakan

176 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta--Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (KontraS) mencatat ada ratusan polisi terlibat dalam berbagai peristiwa penembakan di sepanjang tahun 2013. Peristiwa penembakan itu terjadi saat mengamankan demonstrasi, bentrokan warga sampai melumpuhkan pelaku kriminal.

“Terjadi sebanyak 55 peristiwa penembakan pada tahun 2011, 142 peristiwa pada tahun 2012, dan 164 peristiwa penembakan pada tahun 2013. Dengan rincian di tahun 2013, pelaku penembakan 147 polisi, 5 orang TNI dan 12 orang tak dikenal,” jelas koordinator eksekutif KontraS, Haris Azhar dalam rilis yang diterima merdeka.com, Kamis (15/8).

Single content advertisement top

Para pelaku penembakan ini menggunakan berbagai tipe senjata. Pemakaian senjata tersebut bergantung dari satuan tugasnya.

“Anggota polisi diketahui melakukan penembakan dengan senjata jenis pistol (FN) dan laras panjang jenis AK 45. Anggota TNI yang juga menggunakan senjata organik dengan jenis pistol dan senjata laras panjang. Penembakan yang dilakukan oleh orang tak dikenal umumnya menggunakan senjata jenis laras panjang atau senjata rakitan” lanjutnya.

Dari hasil monitoring, KontraS juga mencatat pistol adalah senjata yang paling banyak digunakan. Namun dalam beberapa kasus penembakan, KontraS kesulitan menemukan jenis senjata yang digunakan pelaku penembakan.

“Polisi menggunakan 113 pistol, 78 laras panjang, 87 tidak diketahui. TNI menggunakan 11 senjata laras panjang dan 9 tidak diketahui. Sedangkan pelaku orang tak dikenal memakai 11 laras panjang, 9 rakitan dan 43 tidak diketahui.” tutupnya. (merdeka.com)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Ketum PP Muhammadiyah Desak SBY Bubarkan SKK Migas

Mahasiswa Minta Polisi Segera Tangkap Pembunuh Putri

Related posts
Your comment?
Leave a Reply