5:09 pm - Selasa November 21, 2017

Seleksi CPNS 2013 Ketat, Daerah Ogah Usul Formasi

284 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Seleksi pengadaan CPNS 2013 yang ekstra ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya, menyurutkan minat pemerintah daerah.

Jika tahun-tahun sebelumnya seluruh instansi kompak mengajukan usulan penambahan pegawai, kini hanya sedikit yang meminta formasi. Bahkan ada yang sudah diberi formasi, tidak jadi membuka pendaftaran CPNS.

Single content advertisement top

“Seleksi CPNS yang dibuat ketat baik lewat computer assisted test (CAT) maupun lembar jawaban komputer (LJK) menurunkan minat daerah untuk mengadakan seleksi CPNS. Ada 11 daerah yang sudah kita beri formasi malah batal mengadakan seleksi CPNS,” ungkap Asisten Deputi Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Arizal di Jakarta, Senin (7/10).

Lesunya usulan pemda untuk menambah pegawai ini, Arizal menduga, karena kesempatan kongkalikong tidak ada lagi. Tahun-tahun sebelumnya, daerah justru berlomba-lomba mengajukan penambahan pegawai terlebih jika mendekati pilkada, meski belanja pegawainya sudah di atas 50 persen. Sebab, itu akan menjadi alat incumbent untuk menarik simpati rakyat.

“Sekarang karena mainannya tidak ada lagi, makanya usulan penambahan pegawai sepi-sepi saja,” ucapnya.

Turunnya minat pemda itu, lanjut Arizal, memberikan dampak positif bagi keuangan negara/daerah. Daerah bisa lebih memaksimalkan sumber daya yang ada dan sektor pembangunan bisa tersedia anggarannya.

“Karena pengaruh CAT sangat besar dalam mengurangi aksi calo maupun permainan kepala daerah, tahun depan seluruh instansi wajib melaksanakannya. Jadi yang diterima murni putra-putri bangsa berotak cerdas dan berintegritas tinggi,” pungkasnya. (jpnn)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Tak disenangi Dewan, Akhirnya Ruhut Mundur dari Calon Ketua Komisi III

11 Daerah dari 259 Instansi Batalkan Seleksi CPNS

Related posts
Your comment?
Leave a Reply