12:11 pm - Rabu November 22, 2017

Selama Ramadhan, Mahasiswa Aceh di Turki Kunjungi Panti Jompo

315 Viewed Redaksi 0 respond
Sejumlah Mahasiswa Aceh di Turki Kunjungi Panti Jompo Selama Bulan Ramadhan (foto: waspadaonline)

Ankara—Ikatan Masyarakat Aceh (Ikamat) di Turki mengunjungi Panti Jompo di Turki. “Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Masyarakat Aceh yang bermukim di Turki dengan menggelar berbagai program di beberapa kota,” ujar Tuha Peut Ikamat, Azwir Nazar seperti dilansir Waspada Online, Selasa (23/6) lalu.

Tidak saja buka puasa, shalat teraweh, diskusi dan kegiatan agama lain dilakukan. Namun juga kegiatan inspiratif bersama masyarakat Turki dan student Internasional.

“Salah satunya adalah apa yang dilakukan oleh Mahasiswa Aceh di Bursa,” jelas Azwir Nazar.

Koordinator Wilayah Bursa, Muammar Rizqi Taqwa menambahkan, kunjungan tersebut dilakukan Pada hari Minggu lalu di Panti Jompo Dilruba.

Single content advertisement top

“Dilruba adalah Panti Jompo khusus nenek-nenek yang berdiri 8 tahun lalu,” sebut mahasiswa asal Lhoksemawe tersebut.

Di panti asuhan itu ditampung sekitar 30 orang nenek-nenek, dan umumnya penderita penyakit alzheimeer. Mulai umur 30 sampai 85 Tahun.

Ziyaret (kunjungan) tersebut diawali dengan berkenalan satu sama lain, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa dan quran bersama, lantunan zikir dan Asmaul Husna yang dipimpin Tgk Farabi, Tgk Ikhsan dan Tgk Salman.

“Kami Ingin berbagi dan menghibur nenek nenek tersebut,” sebut Farabi pimpinan rombongan. Ada yang bernyanyi bahasa Turki juga lagu India. Termasuk memeragakan beberapa gerakan Tari Saman.

Alhamdulillah program berjalan lancar dan mereka sangat senang. Karena permintaan pengurus panti fotonya tidak bisa kami upload, pungkas Farabi mantan ketua Ikamat Periode lalu.

Usai kunjungan sambil magrib program dilanjutkan dengan diskusi ringan di halaman masjid terbesar dan bersejarah di Kota Bursa. Yaitu Ulu Cami yang dulu dijadikan pusat belajar para Sultan Usmani di masa awal.

Acara diakhiri dengan buka puasa bersama di Pattila’s Atarturk Avenue. Mahasiswa Aceh sendiri yang sedang mengambil pendidikan di Kota Bursa berjumlah 10 orang dari berbagai kampus dan semuanya adalah S1.

Sementara seluruh Turki berjumlah 150 orang dengan berbagai jenjang pendidikan. Umumnya adalah anak-anak juara olimpiade Internasional yang mengukir banyak prestasi di Turki. (wol/pr)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Daging ‘Meugang’ di Aceh Utara dan Lhokseumawe Rp 150/Kg

10 Pengungsi Rohingya Kabur Saat Shalat Tarawih

Related posts
Your comment?
Leave a Reply