3:03 pm - Sabtu Agustus 22, 1164

Sekolah Ceria Ajarkan Bahasa Indonesia, Aceh & Inggris Bagi Rohingya

373 Viewed Redaksi 0 respond
Sejalam Anak dan Remaja Pengungsi Rohingya di Aceh (foto: safta diputra/pr)

Langsa–Puluhan anak-anak dan remaja pengungsi Rohingya terlihat sibuk mengikuti pelatihan di camp pengungsian di Kuala Langsa, Kota Langsa, Minggu (24/5). Sejumlah relawan dari komunitas Sekolah Ceria dengan sabar mengajarkan mereka yang hanya bisa berbahasa daerahnya sendiri.

Relawan dari Sekolah Ceria mengajarkan bahasa Indonesia, Inggris dan Aceh dengan menggunakan alat peraga. Relawan memperlihatkan gambar seperti hewan, laut, makanan dan juga buah-buahan. Mereka juga diajarkan bahasa yang sering digunakan sehari-hari.

Koordinator aksi Sekolah Ceria, Iskandar Darussalam mengatakan, selain diajarkan bahasa Inggris dan Indonesia, mereka juga dibekali dengan life skill, seperti memasak dan sejumlah keahlian lainnya.

“Termasuk kita perkenalkan sosial budaya yang berlaku di Aceh dan juga Indonesia kepada mereka,” kata Iskandar Darussalam seperti dilansir merdeka.com.

Katanya, selama ini mereka hanya penerima manfaat tanpa ada komunikasi dua arah. Sehingga hanya menerima apa yang diberikan oleh petugas atau relawan yang ada di camp pengungsian.

Single content advertisement top

Oleh karena itu, jelasnya, pihaknya mencoba menggali potensi dari mereka dengan melakukan beberapa pelatihan life skill. Seperti mengajak memasak di dapur umum secara bersama-sama dan berbaur langsung dengan relawan dan masyarakat setempat.

“Kemarin kita masak cicah kangkong, mereka sangat senang dan menikmati memasak masakan khas Aceh bersama warga setempat,” jelas Iskandar.

Katanya, pengungsi Rohingya di Kuala Langsa sejak 5 hari terakhir ini setiap hari diajak untuk bisa memasak bersama. Khususnya perempuan diajarkan cara memasak masakan khas Aceh.

“Kita harapkan dengan adanya pelibatan langsung dan ada komunikasi bisa menggali potensi yang ada sama mereka, tidak hanya memasak, tetapi ada sejumlah keahlian lain yang kita ajarkan,” imbuhnya.

Ada 30 relawan yang terlibat dalam kegiatan sosial ini. Rencananya, jelas Iskandar, akan buka sekolah ini selama masih ada Rohingya di Indonesia. (mdk/pr)

Editor: Safta Diputra

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

HIMPSI Aceh Lakukan Pedampingan Psikologis Bagi Para Pengungsi Rohingya

Bikers Se-Aceh Buka Puasa Bersama di Lhokseumawe

Related posts
Your comment?
Leave a Reply