12:26 am - Selasa November 21, 2017

Sebaiknya Dana Otsus Tidak Terpaku Pembangunan Fisik

307 Viewed Redaksi 0 respond
Sebaiknya Dana Otsus Tidak Terpaku Pembangunan Fisik Saja

Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, T. Riefky Harsya dan Gubuernur Aceh, Zaini Abdullah (image: blogspot.com)

Banda Aceh–Anggota DPR RI asal Aceh T Riefky Harsya menyatakan agar dana otonomi khusus (Otsus) yang diberikan kepada pemerintah provinsi itu tidak terpaku untuk pembangunan fisik tetapi harus meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Dana otsus yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Aceh harus menjadi bola salju untuk mendongkrak sektor-sektor ekonomi di Aceh,” katanya di Banda Aceh, yang dilansir antara, Senin (27/01)

Dijelaskannya, jika dana otonomi khusus yang diberikan tersebut banyak digunakan untuk proyek pembangunan fisik maka anggaran pendapatan dan belanja Aceh (APBA) akan diberatkan dengan biaya perawatan fasilitas yang telah dibangun.

Single content advertisement top

Menurut dia, pengalokasikan untuk sektor ekonomi merupakan hal yang harus sesegera mungkin dapat dilaksanakan karena dana yang diterima tersebut memiliki batas waktu hingga 20 tahun.

“Dana yang ada saat ini harus mampu digunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menyejahterakan masyarakat dan menghadirkan banyak investasi,” katanya.

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota harus merancang agar pendapatan asli daerah yang diperoleh nantinya seimbang dengan dana Otsus yang telah diberikan Pemerintah Pusat.

“Artinya, dengan program peningkatan ekonomi akan mampu mewujudkan pendapatan asli daerah yang diterima Aceh akan sesuai dengan dana Otsus yang dijatahkan untuk provinsi ini,” katanya.

Pihaknya meyakini dengan pengelolaan dana Otsus secara maksimal khususnya untuk sektor-sektor ekonomi akan mampu membawa perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu. (ant/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Investor Korsel Akan Bangun Pabrik Bio Oil di Aceh

Pakar: Persaingan Industri Telekomunikasi Kian Tidak Sehat

Related posts
Your comment?
Leave a Reply