5:05 pm - Selasa November 21, 2017

SBY: Harga BBM Naik Kalau Ada Dana Kompensasi

239 Viewed Redaksi 0 respond
single-thumb.jpg

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan harga bahan bakar minyak bersubsidi akan naik secara terbatas dan terukur. SBY mengumumkan rencana kenaikan harga ini dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Gedung Bidakara Jakarta, Selasa, 30 April 2013.

Harga BBM akan naik, kata SBY, kalau dana kompensasi dan perlindungan untuk masyarakat miskin sudah tersedia. Pemerintah masih mempertimbangkan bentuk kompensasi seperti bantuan langsung, beras, beasiswa miskin, dan program Keluarga Harapan.

Dana kompensasi ini juga akan disampaikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP). “Pemerintah berharap agar pembahasan APBNP ini bisa dipercepat,” ujarnya. “Mei diharapkan sudah selesai pembahasannya.”

SBY menambahkan, pemerintah tak akan menaikkan harga BBM sesuai dengan harga pasar. Misalnya, harga ekonomi Premium tanpa subsidi mencapai Rp 10 ribu, sekarang Rp 4.500 per liter. “Kami tidak punya niat untuk menaikkannya hingga setara dengan harga pasar,” kata SBY.

Single content advertisement top

Kenaikan harga BBM secara terbatas dan terukur akan membantu kondisi fiskal dan membuat APBN lebih sehat. “Dengan demikian, ekonomi akan lebih aman, ketahanannya terjaga,” ujarnya. “Lebih banyak biaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan infrastruktur serta subsidi lebih adil dan tepat sasaran.”

SBY mengatakan subsidi BBM Rp 193,8 triliun per tahun sudah sangat memberatkan. Selain itu, subsidi dianggap tak tepat sasaran. Ia berharap kenaikan ini tak menjadi komoditas politik, apalagi menjelang Pemilu 2014. “Bebaskan pikiran politik.”

Sumber: tempo.co

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Presiden Berencana Umumkan Soal BBM Besok

Pemerintah Belum Restui Daerah Perbatasan Impor Gula Sendiri

Related posts
Your comment?
Leave a Reply