3:11 pm - Rabu November 25, 3801

SAR Aceh Kirim Pesawat Cari MAS di Selat Malaka

319 Viewed Redaksi 0 respond
IIlustrasi MAS Hilang, Malaysia tuding indonesia (image: istimewa)
SAR Aceh Kirim Pesawat Cari MAS Hilang

Ilustrasi (dnberita.com)

Banda Aceh–Pihak Search and Rescue (SAR) Banda Aceh mengerahkan satu unit kapal dengan personil 22 orang  untuk mencari pesawat Boeing 777-200 MH370 milik Malaysia Airlines yang hilang dalam penerbangan Kuala Lumpur-Beijing, China beberapa waktu lalu.

“Partisipasi SAR Banda Aceh untuk pencarian pesawat MAS di kawasan Selat Malaka itu dilakukan setelah kami mendapat perintah dari pusat,” kata Kasubsi Operasi SAR Banda Aceh Ibnu Haris saat dihubungi dari Banda Aceh, yang dilansir antara, hari ini

Single content advertisement top

Ia menjelaskan, pengerahan SAR Banda Aceh itu berdasarkan kemungkinan pesawat Boeing 777-200 MH270 itu berbalik arah yang diperkirakan di perairan Selat Malaka.

“Misi pencarian internasional itu telah kami lakukan sejak kemarin (Selasa, 11/3). Hari ini kami melanjutkan pencarian dengan menyisir Selat Malaka di perairan Provinsi Aceh,” katanya menambahkan.

Namun, Ibnu Haris menjelaskan bahwa pencarian pada Selasa kemarin, pukul 06.30 hingga 17.30 WIB itu tidak menemukan adanya tanda-tanda fisik dari pesawat MAS di perairan Selat Malaka.

Tim SAR Banda Aceh, katanya  menyebutkan pada hari pertama pencarian melakukan penyisiran  seluas 64 mil laut per segi atau bergerak dari timur laut Banda Aceh dengan jaraknya mencapai 74 mil laut.

Pada hari kedua (Rabu,12/3), tim SAR Banda Aceh akan memperluas wilayah pencarian yakni menjadi 100 mil laut per segi.

“Artinya, ada perluasan wilayah yang akan kami sisir dalam misi pencarian internasional ini,” kata Ibnu Haris menambahkan.

Ia juga menjelaskan pada pencarian hari kedua, misi mencari pesawat MAS yang hilang itu juga akan dikerahkan satu unit kapal KN SAR Purworejo dari Batam yang akan bersama-sama melakukan pencarian di Selat Malaka.

Pesawat Malaysia Airlines, MH370 lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur hendak menuju Beijing pada pukul 00.41 waktu setempat Sabtu (8/7), membawa total 239 penumpang termasuk dua balita dan 12 awak pesawat.

Para pemakai jasa penerbangan MH370 itu terdiri 152 warga China, 38 warga Malaysia, tujuh Indonesia, lima India, tujuh Australia, tiga Prancis, tiga Amerika Serikat, dua New Zealand, dua Ukraina, dua Kanada, satu Rusia, satu Italia, satu Taiwan satu Belanda dan satu Austria. (ant/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Pukul Mahasiswa Saat Demo, Pejabat Pemerintah Aceh Jadi Tersangka

Teror Kembali Terjadi Di Aceh, 3 Warga Ditembak, 1 tewas

Related posts
Your comment?
Leave a Reply