10:37 pm - Senin November 20, 2017

RUU Pilpres Sepakat Dibatalkan DPR

135 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta—Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat membatalkan Revisi Undang-Undang Pemilihan Presiden (RUU Pilpres) Nomor 42 Tahun 2008. RUU tersebut dibatalkan karena tidak ada kesepakatan antarfraksi di DPR.
 
“Karena tidak menemukan kesepakatan untuk mengubah tentang UU Pilpres, akhirnya berdasarkan saran dari pimpinan fraksi, Baleg dan Ketua DPR, maka disepakati mendrop UU tersebut dan tidak mengubahnya pada masa periode ini,” kata anggota Fraksi Golkar, Nurul Arifin di ruang kerjanya, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7/2013).
 
Menurut dia, kesepakatan untuk tidak mengubah UU Pilpres dihadiri oleh seluruh fraksi kecuali Fraksi PKS. “Semua fraksi hadir, minus PKS,” terangnya.
 
Lanjut dia, Fraksi Hanura dan Gerindra ngotot agar UU tersebut direvisi. Namun, akhirnya Rapim mengenai RUU Pilpres disejutui didrop ke Baleg. RUU itu pun juga tak disarankan diajukan ke paripuna.
 
“Respons Gerindra dan Hanura tetap bersikukuh, tapi kemarin yang menyarankan ke paripurna itu Gerindra, tapi dirasa tidak perlu karena bukan untuk mencabut jadi mendrop di Baleg saja,” imbuhnya.
 
Sehingga, menurut dia, peraturan tentang Pilpres kembali ke UU No 42 Tahun 2000. “Kalau ada voting nantinya itu bunyinya setuju atau tidak diubah,” pungkasnya.
 
Sementara untuk perubahan teknis Pilpres disesuaikan dengan undang-undang lama, aturan main KPU serta peraturan yang berlaku.(Okezone)

Editor: @redaksi

Single content advertisement top
Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Duka Anak-Anak di Lokasi Gempa

BNPB: Rp 40 Milyar Untuk Tanggap Darurat Bener Meriah

Related posts
Your comment?
Leave a Reply