2:29 am - Minggu November 19, 2017

RTA Minta Masyarakat Kawal Revisi Qanun Pendidikan

285 Viewed Redaksi 0 respond

Tgk. Zulkhairi, MA (foto: aceh.kemenag.go.id)

Banda Aceh–Rabithah Thaliban Aceh (RTA) meminta masyarakat, akademisi dan santri untuk terus memantau revisi Qanun (Perda) Nomor 5 Tahun 2008 tentang pendidikan yang dilakukan legislatif dan eksekutif provinsi itu.

“Kami berharap elemen masyarakat Aceh agar memantau proses revisi ini kendatipun legislatif tidak melibatkan banyak kalangan saat merevisi qanun tersebut,” kata Wakil Sekjen RTA Tgk Zulkhairi di Banda Aceh, seperti dilansir antara, Senin (12/5)

Komponen masyarakat khususnya santri, akademisi dan pegiat Islam memiliki tanggungjawab sama untuk mewujudkan qanun pendidikan yang islami di provinsi yang telah menjalankan aturan Syariat Islam kaffah (menyeluruh) itu, kata dia menambahkan.

Single content advertisement top

“Kita harus ingat bahwa pendidikan adalah jalan menuju kebangkitan sehingga semua hal yang terkait dengannya harus mendapat perhatian maksimal dari semua kalangan,” katanya menjelaskan.

Zulkhairi yang juga peneliti pada Litbang Himpunan Ulama Dayah Aceh itu mengatakan sebagai daerah “bersyariah” maka pendidikan di “Tanah Rencong” ini sudah seharusnya menyokong sepenuhnya agar agenda penerapan Syariat Islam  berjalan sukses.

Ia juga menjelaskan, upaya revisi itu sesungguhnya suatu yang urgen jika bertujuan untuk memperbaiki kekurangan dan memperkuat sesuatu yang sudah sakral.

“Namun, perlu dicatat bahwa yang paling penting adalah evaluasi, bukan sekedar revisi. Apalagi, jangan sampai proses revisi justru menghilangkan poin-poin yang krusial seperti tentang ke-Acehan dan Ke-Islaman,” kata Tgk Zulkhairi.

Apalagi, dia menambahkan realitasnya sejauh ini tidak ada alasan yang jelas  disampaikan legislatif ke publik tentang tujuan revisi qanun Pendidikan.

Selain itu, ia menilai lembaga seperti Majelis Pendidikan Daerah Aceh belum bekerja keras untuk melahirkan konsep pendidikan Islami meski  telah belasan tahun Syariat Islam diterapkan di provinsi ujung paling barat Indonesia ini. (ant/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Ormas Islam Minta Media Jangan Perkeruh Penerapan SI

MIUMI Himbau Pihak Asing Hormati Syariat Islam di Aceh

Related posts
Your comment?
Leave a Reply