3:11 pm - Sabtu November 23, 6424

Robot Main Sepak Bola di Kontes Robot Indonesia

177 Viewed Redaksi 0 respond

Depok, Jawa Barat–Mahasiswa dari 29 universitas di Indonesia adu kepintaran dalam merakit robot. Kebolehan mereka itu ditunjukan dalam Kontes Robot Indonesia 2013 yang digelar Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) di Balairung Universitas Indonesia, Sabtu (11/5).

Salah satu unjuk kecerdasan para mahasiswa itu diperlihatkan dalam Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Dalam kontes tersebut, tim yang robotnya banyak memasukan bola ke dalam gawang adalah yang menang.

Direktur PNJ Abdillah mengatakan, KRSBI merupakan salah satu kategori yang diperlombakan dalam KRI 2013. KRSBI nama baru dari Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Robo Soccer Humanoid League (RSHL) yang diselenggarakan sejak tahun 2009 dengan nama awal KRCI Expert Battle.

Single content advertisement top

KRSBI merupakan kontes robot sepak bola nasional yang sekaligus menjadi ajang kualifikasi nasional untuk mewakili Indonesia dalam RoboCup 2013 di Eindhoven, Belanda.

KRSBI mengacu pada peraturan RoboCup Soccer Humanoid League untuk kategori Kidsize. “KRSBI kali pertama ditampilkan selama PNJ menggelar KRI tiga kali berturut-turut,” ujarnya.

Dikatakan Abdillah, dalam KRI ini kualitas robot yang dipertandingkan makin baik. Selain dalam KRSBI, kecanggihan robot itu juga diperlihatkan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Robot-robot yang mengikuti kontes itu bentuknya dibuat beragam tokoh pewayangan. Seperti halnya Hanoman. Robot itu menari sesuai dengan irama musik pewayangan dan kemudian berhenti bila musik itu pun berhenti.

“Kreativitas mahasiswa sekarang luar biasa. Kami hanya membuatkan pedomannya, mereka yang berinovasi. Saya yakin mereka dapat berkompetisi di Eropa dan Amerika. Buktinya pelajar Indonesia ada yang dapat medali emas di Olimpiade Matematika,” katanya.

Kepala Humas PNJ, Ade menjelaskan, KRI 2013 digelar sebagai salah satu seleksi untuk mewakili Indonesia mengikuti kontes robot tingkat Internasional ABU Robocon 2013 yang akan berlangsung di Danang, Vietnam, pada Agustus nanti.

KRI 2013 diselenggarakan di lima wilayah regional. Regional 1 yaitu Sumatera, Regional 2 yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Regional 3 yaitu Jawa Tengah, Regional 4 yaitu Jawa Timur, dan Regional 5 yaitu Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Kategori yang diperlombakan Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), serta Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

“Kami mendapat amanat dari Dikti. Kepercayaan yang diberikan itu kami ambil dan kemudian menyewa Balairung UI. PNJ bertekad juara di regional dua hingga melaju ke tingkat nasional,” tandasnya.

Sementara itu, Abdillah menyatakan bahwa agar KRI 2013 bisa terlaksana maka ia dan wakilnya meminjam uang ke bank sebanyak Rp800 juta. Hal itu dilakukannya karena dana dari pemerintah belum dapat dicairkan.

Sumber: wartakotalive.com

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

Pembangkit Listrik Tenaga Angin Segera Dibangun

Matahari “Mengamuk”, 3 Badai Matahari Dalam 24 Jam

Related posts
Your comment?
Leave a Reply