3:11 pm - Kamis November 24, 7887

Rebutan Desa, Satpol PP di Riau ‘Adu Sakti’

347 Viewed Redaksi 0 respond
single-thumb.jpg
Ups...Satpol PP di Riau Bentrok Sesama Satpol PP

Ilustrasi Satpol PP vs Satpol PP di Riau (iage: riaupos)

Pekanbaru–Situasi 5 desa sengketa antara Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Kabupaten Kampar, memanas sejak Senin lalu.  Kedua Satuan Polisi Pamong Praja dari dua wilayah tersebut sempat akan saling menyerang dengan menyiapkan sejumlah pasukan.

Polda Riau meminta Satpol PP kedua kabupaten untuk menahan diri.

“Jangan sampai terjadi bentrok. Masing-masing pihak diharapkan menahan diri supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” imbau Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejos SIK, yang dilansir merdeka.com, Selasa (28/01).

Untuk memantau situasi yang memanas, Polres Kampar sudah menurunkan 60 personelnya di 5 desa sengketa. Polisi sudah berjaga agar tidak terjadi bentrok antara Sapol PP dua kabupaten dan masyarakat yang memihak dua kabupaten.

Single content advertisement top

“Situasi hari ini kondusif. Gejolak bisa dikendalikan petugas. Kalau nantinya tidak kondusif, Polda Riau akan menurunkan 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) Brimob,” ujar Guntur.

Dijelaskan Guntur, situasi di 5 desa sempat memanas kembali karena adanya rencana kunjungan dari Kementerian Sosial ke Desa Tanah Datar. Ada 6 orang dari kementerian melakukan pengecekan sebelum menteri berkunjung.

Disana, pihak kementerian berjumpa dengan Kepala Satpol PP Rohul Roy Roberto dengan anggotanya berjumlah 150 orang. Roy melarang ada kunjungan mengingat status di lima desa belum ada penyelesaiannya.

Dengan peringatan itu, pihak kementerian langsung membatalkan pengecekan dan berkoordinasi ke Jakarta untuk menentukan langkah berikutnya.

“Untuk itu, pihak kepolisian sudah berkoordinasi dengan Kasatpol PP Rohul guna menahan diri dan tidak melakukan tindakan yg dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Guntur.

Di samping itu, juga telah dilakukan koordinasi dengan Kades Tanah Datar pro Kampar Fadlan Nur untuk dapat merendam masyarakatnya dan tidak terpancing dengan kedatangan Satpol PP Rohul.

“Telah dilakukan koordinasi pula dengan Kades Tanah Datar pro Rohul Pardi untuk dapat menahan diri agar tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan antara kedua belah pihak terkait penyambutan Mensos RI oleh Pemda Kampar,” ungkap Guntur.

Yang keempat, sebut Guntur, telah dilakukan koordinasi antara dua kabupaten dengan Provinsi Riau untuk mengambil langkah selanjutnya. (mdk/pr)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Sekda Aceh Tengah Lantik 70 Kepala Sekolah Baru

Pangdam IM Tinjau Alutista Arhanud Rudal 001 Aceh Utara

Related posts
Your comment?
Leave a Reply