3:11 pm - Selasa November 24, 3350

Ratusan Pengungsi Rohingya Kembali Diselamatkan Nelayan Aceh

342 Viewed Redaksi 0 respond
Kapal Pengangkut Warga Rohingya (ilustrasi: reuters/bbc)

Langsa–Arus pengungsi imigran gelap asal Myammar dan Bangladesh kembali terhempas di perairan Aceh. Upadate data terbaru menyebutkan sekitar 47 orang Rohingya diselamatkan diperairan Aceh Tamiang dan sekitar 667 orang lainya di perairan Langsa.

Sementara seminggu lalu, etnis Rohinyga dan Bangladesh juga telah diselamatkan sebanyak 500-an lebih di perairan Aceh Utara.

Single content advertisement top

Hingga saat ini, pengungsi muslim etnis Rohingya yang diusir oleh rejim penguasa Myammar itu ditampung dibeberapa tempat, seperti di  kecamatan Lapang Aceh Utara, gedung pelabuhan Kuala Langsa, dan gedung SKB Aceh Tamiang.

Sumber pikirreview di Kuala Simpang menyebutkan, imigran berkulit gelap dari etnis Rohingya dan Bangladesh sebetulnya berjumlah 1.200 orang, namun 102 orang lainnya ditembak serdadu Thailand. Sedangkan yang diselamatkan nelayan Aceh Tamiang senyak 47 orang, termasuk anak-anak.

Tujuan utama rombongan manusia perahu ini adalah Malaysia, untuk bekerja, namun pihak otoritas tapal batas pemerintah Diraja Malaysia mengusir kaum muslim tersebut.

Dari langsa dilaporkan sebanyak 667 orang pengungsi tersebut, 421 orang asal Bangladesh, dan 256 orang dari Myammar (etnis Rohingya). Mereka diselamatkan nelayan langsa dan pihak keamanan Indonesia sekira pukul 04.00 pagi di kampung Telaga Tujoh, Pusong Langsa, setelah kapal mereka tumpangi terombang ambing hingga tenggelam.

Setiba di darat kelompok imigran gelap tersebut sakit-sakitan dan pusing serta lemas akibat dehidrasi yang meraka alami selam hampir 20 hari ditengah laut bebas.

Hingga saat ini, para pengungsi tersebut sudah ditangani oleh pemko setempat, dan pihak terkait. Sebagian sudah mendap0at perawatan dari RSUD Kota Langsa. (udin)

Redaktur: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Ratusan Orang Rohingya Terdampar di Perairan Aceh Utara

Lagi, Nelayan Aceh Selamatkan 442 Warga Rohingya

Related posts
Your comment?
Leave a Reply