4:19 pm - Sabtu November 25, 2017

Rasio Dosen Kurang, Menristekdikti Ancam Tutup Prodi di PTN

302 Viewed Redaksi 0 respond
Mohd. Nasir, Menristekdikti (foto: berneonusantaratime)

Jakarta–Kurangnya rasio dosen dengan mahasiswa tak hanya dialami perguruan tinggi swasta (PTS), tetapi juga terjadi di perguruan tinggi negeri (PTN).

Sebelumnya, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menentukan rasio dosen dengan mahasiswa untuk kelompok eksakta adalah 1:30 serta pada kelompok sosial 1:45.

Namun, pihak Kemenristekdikti menjelaskan bahwa kurangnya rasio dosen di PTN terjadi pada tingkat program studi (prodi). Penyebabnya, disinyalir karena kurang kontrol dari rektor terkait.

“Memang ada satu dua PTN yang ternyata rasio dosen kurang, tapi itu di tingkat prodi dan angkanya di bawah 100,” ujar Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, Patdono Suwignjo di Gedung BPPT, Jakarta, seperti dilansir kabar24.com Jumat (30/10) lalu.

Patdono menegaskan, sanksi yang diberikan PTS dan PTN yang melakukan pelanggaran sama. Justru, dia mengimbuhkan, PTN akan diberi sanksi lebih berat karena didanai pemerintah.

Single content advertisement top

“Sanksinya bisa berupa teguran, penghentian pelayanan, penghentian pembinaan, hingga yang terakhir pencabutan izin. Tapi kalau jumlah prodi di PTN yang rasio dosennya kurang ini jumlahnya di bawah 10, tapi tetap harus segera diluruskan,” tuturnya.

Menanggapi temuan tersebut, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir langsung memanggil rektor PTN terkait dan memberikan peringatan secara tegas untuk segera menyelesaikan masalah di kampusnya.

“Langsung saya panggil rektornya harus datang. Diberi arahan untuk segera menyelesaikan. Saya minta akhir tahun harus beres,” tukasnya.

Nasir menegaskan, PTN dengan prodi yang rasio dosen dan mahasiswa yang tidak sesuai, harus diselesaikan hingga batas waktu 31 Desember 2015.

“Kalau tidak segera perbaiki sampai batas waktu, saya tutup prodinya,” tandasnya. (kabar24/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

H+3 Idul Adha, Unimal Lhokseumawe Potong Hewan Qurban

Mahasiswi Kebidanan AKKES Aceh Utara Akhiri Kegiatan Pengabdian

Related posts
Your comment?
Leave a Reply