10:25 am - Kamis September 21, 2017

Rakyat Spanyol Turun ke Jalan, Tuntut Referendum

136 Viewed Redaksi 0 respond

Rakyat Spanyol turun ke jalan menuntut referendum dari kerajaan menjadi republik (reuters)

Madrid–Ribuan warga Spanyol tumpah ke jalanan ibukota Madrid untuk menuntut referendum dan mengubah sistem monarki di negeri Matador itu menjadi republik. Tuntutan itu muncul tak lama setelah raja Juan Carlos turun tahta.

Hal ini semakin memojokan pihak kerajaan Spanyol, citra kerjaan sendiri terbilang buruk di mata masyarakat, karena gaya hidup mereka yang tak mencerminkan kondisi Spanyol yang sedang mengalami krisis ekonomi.

Penunjukan putra mahkota, pangeran Filipe pun nampaknya tidak mengubah keadaan. Filipe sebelumnya diharapkan dapat mengubah pandangan masyrakat terhadap kerajaan, dan memperbaiki citra bangsawan di negara itu.

Seperti dikutip sindonews dari Channel News Asia, Minggu (8/6), para demonstran meneriakan “Spanyol besok akan menjadi negara republik” di sepanjang jalan menuju istana raja.

Single content advertisement top

Demonstrasi yang terjadi Sabtu kemarin itu, juga diikuti oleh partai politik sayap kiri dan beberapa organisasi masyarakat.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada masyrakat untuk menyampaikan suara mereka. Kenapa begitu sulit mengatur sebuah referendum? Mengapa menjadi masalah untuk memberikan warga Spanyol hak untuk menentukan masa depan mereka?” ungkap Pablo Iglesias, salah satu pemimpin partai sayap kiri.

“Jika Partai Rakyat dan Partai Sosialis berpikir bahwa Felipe memiliki kepercayaan dari warga, ia harus tunduk pada referendum,” Filipe menambahkan. Gelombang protes terus berdatangan paska Juan Carlos mengundurkan diri pekan lalu. (snd/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Penguasa Militer Thailand Tangkap Sejumlah Tokoh Politik

Untuk Mahar, Wanita Suriah Minta 15 Kepala Pasukan Assad

Related posts
Your comment?
Leave a Reply