4:47 pm - Jumat September 22, 2017

Puskapol UI: Dari 12 Lembaga Survei, Hanya 2 Yang Netral

302 Viewed Redaksi 0 respond
Ilustrasi (inspirasi.co)

Depok, Jawa Barat–Manajer Riset Pusat Kajian Politik (Puskapol) UI, Dirga Ardiansa, menyatakan sejauh ini hanya ada dua lembaga survey yang tidak rangkap menjadi lembaga konsultan politik.

“Dari 12 lembaga survey yang menyelenggarakan quick count, hanya ada dua lembaga yang tidak merangkap menjadi konsultan politik, yaitu RRI dan Kompas,” ujar Dirga dalam konferensi pers di Kampus FISIP UI Depok, seperti dilansir republika online, Jumat sore.

Sedangkan 10 lembaga survei lainnya, ujar Dirga, juga merangkap sebagai konsultan politik capres-cawapres tertentu, bahkan ada yang menjadi tim sukses. Terkait kode etik, hingga saat ini belum ada peraturannya.

“Jadi, tidak bisa disalahkan jika ada lembaga survey yang merangkap sebagai konsultan politik,” ungkap Dirga.

Single content advertisement top

Dari 12 lembaga survey yang merilis hasil ‘Quick Count’ pilpres 2014, bisa dilihat ‘margin of error’ dan selisih suara kedua capres-cawapres. Menurut Dirga, terdapat lima lembaga survey yang tidak bisa mengambil kesimpulan siapa pemenang pilpresnya karena selisih suara yang sangat kecil dan masih dalam rentang ‘Margin of Error’.

Kelima lembaga itu, papar Dirga, adalah Populi, Puskaptis, JSI, JSN dan IRC. Empat lembaga survey memenangkan capres-cawapres Prabowo-Hatta, dan satu lembaga survey memenangkan capres-cawapres Jokowi-JK.

Hal yang juga perlu diperhatikan adalah besaran ‘margin of error’-nya. Dalam Pilpres yang hanya diikuti dua kandidat, tentu persaingan sangat ketat dan intens. “Maka, margin of error-nya sebaiknya satu persen atau dibawahnya,” papar Dirga. (rol/pr)

Editor: Kahiru S

Jika Margin of Error lebih dari dua persen dalam kondisi serupa, ungkap Dirga, maka harus sangat hati-hati untuk mengambil kesimpulan dan menentukan siapa pemenangnya. Seharusnya, jelas Dirga, lembaga survey sudah mengantisipasi ketatnya persaingan dalam pilpres dengan ‘margin of error’ maksimal satu persen atau dibawahnya.

“Bukankah sebelumnya mereka sudah sering melakukan survey pra pemilu presiden?” tutur Dirga.

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Pengamat: Soal Aceh, Terganjal 3 Aturan Kepentingan Bisnis

Advokat Indonesia Raya Polisikan 8 Lembaga Survei

Related posts
Your comment?
Leave a Reply