9:10 pm - Sabtu November 18, 2017

Puluhan Ton Sembako Membusuk Akibat Kapal Tak Beroperasi

285 Viewed Redaksi 0 respond
Kapal Tak Beroperasi, Bahan Sembako Membusuk

Antrean truk Sembako (ilustrasi: aktual.co)

Sumenep–Bahan-bahan makanan milik warga asal kepulauan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, semakin hari makin membusuk. Pasalnya sudah 25 hari lamanya tidak ada kapal barang yang berlayar menuju kepulauan akibat cuaca ekstrem.

Bahan-bahan makanan yang jumlahnya puluhan ton, menumpuk di pinggir pelabuhan Kalianget. Setiap hari kepanasan dan kehujanan.

Suyanto, distributor makanan asal Pulau Kangean menuturkan, akibat makanan yang membusuk, pihaknya mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. Beberapa makanan yang sudah membusuk di antaranya buah-buahan, palawija dan sayuran. Bahkan jenis makanan tersebut sudah busuk seminggu yang lalu.

Single content advertisement top

“Kalau seperti beras, minyak goreng, telur dan lainnya masih bisa diselamatkan. Tapi kalau setiap hari terkena hujan dan panas, akhirnya busuk,” kata Suyanto, Senin kemarin, yang dikutip dari tribunnews.

Untuk jenis makanan kering, Suyanto belum memeriksanya kaena ditutup terpal plastik. Namun ia yakin, beras akan rusak karena sering terkena air hujan dan kepanasan.

Kapal-kapal besar pengangkut barang dan jasa penumpang untuk tujuan Pulau Kangean, Pulau Sepudi dan Pulau Raas, belum ada yang berani berlayar karena ombak tinggi mencapai lima meter di perairan Kabupaten Sumenep.

Kapal-kapal besar yang enggan berlayar di antaranya Asia Satu untuk tujuan Kalianget–Masalembu, kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS I) yang melayani trayek Kalianget- Kangean.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Syahbandar Kalianget, tinggi ombak di perairan Sumenep di atas empat meter dan tidak aman untuk pelayaran. “Izin pelayaran sementara ditutup dulu sampai cuaca kembali normal.

Seluruh operator kapal sudah kami minta untuk menunda jadwal pelayaran demi keselamatan kapal, muatannya serta penumpangnya,” kata Bambang Atu, Kepala Syahbandar Kalianget. (tbn/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Gubernur Jambi Rombak Kabinetnya

Gerakan ‘Satu Ayat Satu Hari’ Diluncurkan Pemkab Pidie

Related posts
Your comment?
Leave a Reply