7:28 am - Selasa November 21, 2017

Prodi HPI UIN Ar-Raniry Gelar Pelatihan Mawaris

325 Viewed Redaksi 0 respond
Prodi HPI UIN Ar Raniry Gelar pelatihan Mawaris

Para peserta Sedang mendengarkan paparan materi mawaris (foto: khairil akbar/PR)

Banda Aceh–Program Studi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar pelatihan ilmu mawaris bagi mahasiswa kampus setempat.

Ketua panitia, DR. Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, menjelaskan pelatihan itu merupakan basic dasar yang harus dimiliki lulusan Fakultas Syariah.

Single content advertisement top

“Karena SKS yang ada untuk ilmu ini tergolong sedikit, maka pelatihan ini diharapkan mampu memperkuat keahlian mahasiswa dibidang hukum mawaris ketika terjun ke masyarakat nantinya,” ujarnya

Acara yang diikuti oleh sekitar 50-an peserta dari berbagai prodi/jurusan di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Ar-Raniry itu menghadirkan pembicara; Dedi Sumardi, S.Hi., M.Ag,  Zakiul Fuadi, Lc., MA, dan Dr. Khairuddin, M.Ag.

Dalam pelatihan itu, para pembicara lebih banyak menyoroti masalah paradigma hukum warisan dan keberadaan hukum warisan dalam wacana Islam sejalan penerapan faraidh dalam realitas.

Lebih dari itu pemateri juga menyoroti kekurangan ahli yang menguasai bidang mawaris di realitas sosial, padahal ilmu mawaris ini fardhu hukumnya. Dalam realitas, masyarakat sering keliru dalam memahami konteks faraidh, sehingga ketika pembagian faraidh terkadang merasa dianggap tidak adil.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari itu berakhir pada minggu kemarin. Para peserta meskipun letih, tapi merasakan sinergi tambahan ilmu yang cukup berguna. (rilis/ka)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Ilmu Komunikasi Unimal Gelar Talk Show CSR & Kontribusi Perusahaan

Prodi KPI STAIN Malikussaleh Gelar Pelatihan Film Dokumenter

Related posts
Your comment?
Leave a Reply