Nasional

Presiden Jokowi: Utang Pemprov Aceh Akan Dihapus


Jakarta–Presiden Joko Widodo akan menghapus seluruh utang Pemerintah Provinsi Aceh kepada pemerintah pusat.

Penghapusan utang Pemprov Aceh itu dibahas Presiden Jokowi dalam rapat terbatas bersama sejumlah menteri di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (11/3).

“Bapak Menkeu silahkan untuk menjelaskan soal ratas kita penghapusan bersyarat utang pemerintah Aceh,” kata Jokowi dalam rapat itu, seperti dilansir viva.co.id, hari ini.

Sebelum rapat, Menteri Koordinator Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan bahwa ada beberapa daerah yang akan dihapus utangnya oleh pemerintah pusat.

Hal ini, kata dia, dilakukan tak cuma-cuma karena pemerintah pusat memberi syarat, yakni pemerintah daerah harus menambah anggaran kesejahteraan rakyat dan pendidikan di daerahnya.

“Mereka memerlukan ada sejenis peninjauan, maka beberapa policydiambil oleh pemerintah. Misalnya oke kalau dihapus ini, tetapi bisa ditambahkan anggaran kesejahteraan masyarakat,” ujar Sofyan Djalil.

Menurut Sofyan, pemerintah Aceh memiliki utang sebesar Rp16 miliar. “Nggak banyak, kalau nggak salah Rp16 miliar,” ujar Sofyan.

Namun, sampai saat ini belum ada penjelasan dari pemerintah pusat mengenai alasan mereka menghapus utang daerah. (viva/pr)

Editor: Khairu S


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *