3:11 pm - Minggu November 22, 7187

Presiden Berambisi Wujudkan Bank Syari’ah Sebagai Kiblat Dunia

311 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Indonesia berambisi menjadi pusat industri keuangan dan ekonomi syariah di seluruh dunia. Salah satu alasannya, potensi pengembangan industri syariah di Indonesia sangat besar sejalan dengan besarnya jumlah penduduk muslim di tanah air.

“Sebagai negara yang mayoritas muslim, Indonesia berpeluang mewujudkan hal tersebut,” ujar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat pidato pencanangan gerakan ekonomi syariah (Grees) di Silang Monas Jakarta, Minggu (17/11).

Namun ada kendala utama untuk mewujudkan ambisi itu yakni masih rendahnya pemahaman masyarakat mengenai ekonomi syariah.

Untuk itu, para otoritas terkait harus melakukan koordinasi antar instansi dalam upaya pengembangan dan penerapan sistem syariah di sektor perbankan, lembaga pembiayaan, obligasi, sukuk dan sebagainya.

“Baik oleh Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, pemerintah dan juga pelaku industri dan akademisi harus diperkuat sinerginya ,” jelasnya.

Single content advertisement top

Presiden mendukung dibuatnya cetak biru pengembangan ekonomi syariah di masa depan. Harapannya, itu bisa sejalan dengan rencana kerja pemerintah dan Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

“Karena meningkatnya ekonomi syariah dapat meningkatkan kemandirian dan ketahanan bangsa menghadapi situasi global,” katanya.

Untuk diketahui, Gerakan Ekonomi Syariah ini dilakukan secara serentak di 24 daerah dan berkerja sama dengan kantor cabang BI di seluruh Indonesia. (merdeka)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Petani Pidie Diminta Perbanyak Tanam Mentimun Apel

Dampak Sinabung, Harga Cabe di Banda Aceh Melambung

Related posts
Your comment?
Leave a Reply