3:11 pm - Sabtu November 23, 6616

Presiden Ajak Pemimpin Dunia Wujudkan Demokrasi

1217 Viewed Redaksi 0 respond

Nusa Dua, Bali–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak pemimpin dunia untuk terus mempromosikan demokrasi di berbagai kawasan sebagai media untuk mewujudkan perdamaian dan stabilitas internasional.

Saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Bali Democracy Forum ke-6, SBY mengatakan, ajang BDF di Bali telah mendorong upaya pemerintah dan menjadi bagian penting dari arsitektur demokrasi di kawasan.

“BDF menjadi  platform bagi negara-negara di kawasan Asia Pasifik, untuk berbagi pandangan, pengalaman dan praktik terbaik tentang demokrasi,” kata SBY di Nusa Dua Convention Center BNDCC, Kamis (7/11/2013).

SBY  melanjutkan,  dari berbagai diskusi  yang dilakukan telah menegaskan pentingnya hubungan antara demokrasi dan pembangunan. Juga, antara demokrasi dan perdamaian maupun stabilitas  dunia.

Wilayah Asia-Pasifik, sambung SBY memang memberikan dorongan kuat adanya keterkaitan tersebut. Lebih dari satu dekade lalu, ASEAN memulai perjalanannya menuju masyarakat  yang terhubung satu sama lainnya .

Single content advertisement top

“Kami membayangkan,tidak hanya masyarakat dalam arti ekonomi dan sosial budaya , tetapi juga komunitas politik dan keamanan ,” tuturnya.

Bagaimana bisa menciptakan sebuah komunitas yang mencakup promosi demokrasi, hak asasi manusia dan pemerintahan yang baik, sebagai salah satu tujuan bersama tersebut.

Untuk mencapai arah tersebut, tentu saja, harus, terus dilakukan secara terus menerus dan proses bertahap. SBY meyakinkan negara-negara,  agar  tidak memiliki keraguan tentang kemajuan yang telah dicapai selama ini.

“Arsitektur domestik di wilayah kami telah berkembang, bahkan bertransformasi  dengan cara yang paling mendasar. Proses itu telah berjalan tanpa gejolak kekerasan maupun keamanan dan dampak ekonomi,” imbuhnya.

Transformasi di kawasan tersebut telah berkembang secara damai . Di pihak lain, SBY mengingatkan,  di belahan dunia lainnya kemajuan demokrasi belum bisa berkembang secara damai.

Di beberapa tempat, kegagalan untuk mengatasi tuntutan demokrasi sering melahirkan eskalasi konflik ke wilayah dunia lainnya dan semakin melebar.

Bahkan,  telah mengancam keamanan global dan ketegangan geo – politik. Memang , tantangan ini telah mengingatkan semua pihak atas apa yang telah dipertaruhkan (okezone)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

Ketum Muhammadiyah Pidato di Sidang Dewan Gereja se-Dunia

Anggota Komisi III DPR: Polisi di Aceh Sewenang-Wenang

Related posts
Your comment?
Leave a Reply