4:31 am - Senin November 20, 2017

Polda Aceh Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu

180 Viewed Redaksi 0 respond
Ilustrasi (antaraaceh)
Polisi Aceh Gelar Siulasi Penanganan Pemilu

Dalam simulasi, Para Personal Polisi Membuat Benteng Berlapis Hadapi Demontrasi Massa (image: antara/ampelsa)

Banda Aceh–Sebanyak 1.700 personil Polri Polda Aceh, mengikuti simulasi penanganan pemilu yang dipusatkan di kantor  Komisi independen pemilihan (KIP) Aceh.

Simulasi penanganan yang di skenariokan berlangsung ricuh tersebut, para personil Polri terlihat sangat serius menjalankan semua tahapan simulasi.

Pada tahap awal simulasi, diskenariokan, ratusan massa yang telah berkumpul melakukan longmarch menggunakan truk, dan sebagian berjalan kaki menyerbu Kantor KIP Aceh.

Massa yang juga merupakan personil Polri berpakaian sipil tersebut, berusaha untuk menerobos kantor KIP Aceh yang awalnya hanya dijaga puluhan anggota polisi.

Single content advertisement top

Akibat kalah jumlah, massa hampir berhasil masuk ke kantor KIP Aceh seraya teriak menuntut perhitungan ulang suara. Namun sebelum berhasil menerobos lebih jauh, ratusan satuan elit Brimob menghalau massa dan langsung membentuk barikade.

Karena gagal memasuki kantor KIP Aceh, massa semakin beringas, dan langsung melakukan tindakan anarkis dengan melempari para personil tersebut. Karna massa semakin beringas, ratusan personil Polri dari satuan Dalmas yang diperkuata dua unit water canon berusaha membubarkan massa dengan semprotan air.

Karena massa tetap bertahan, akhirnya Polri menurunkan pasukan anti hura hara dan menembakkan gas air mata ke arah demonstran. Simulasi yang berlangsung lebih dari satu jam tersebut, ternyata juga menyita perhatian masrakat luas, yang ingin menyaksikan kegiatan simulasi.

Irwasda Polda Aceh Kombes Pol Syaril Nursal menjelaskan, pelatihan pra operasi berupa simulasi yang dilakukan hari ini, adalah untuk mempersiapkan pengamanan yang lebih baik.

“Polri telah menyiapkan personil dalmas, PHH dan satuan elit lainnya untuk pengamanan pemilu nanti,” katanya.

Untuk pengamanan pemilu sendiri, nantinya Polda Aceh akan mengerahkan 2/3 dari kekuatan polisi yang ada diwilayah ini. “Untuk pengamanan pada saat pemilu, kita siapkan 2/3 dari 13 ribu jumlah personil Polri di Aceh,” katanya.

Polda Aceh sendiri, sambungnya telah memiliki peta potensi rawan terkait dengan perhelatan Pemilu yang akan dilangsungkan bulan depan. (waspada online)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Warga Aceh Utara dan Lhokseumawe Keluhkan Pemadaman PLN

YPAP Desak KIP Sosialisasi Pemilu Bagi Penyandang Disabilitas

Related posts
Your comment?
Leave a Reply