3:11 pm - Selasa November 23, 9497

Pertumbuhan Jumlah Perokok Memprihatinkan

196 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta – Pemerintah dinilai bisa melakukan berbagai cara untuk mengerem pertumbuhan perokok usia muda, termasuk dengan cara menaikkan cukai rokok.  Saat ini, cukai rokok Indonesia tergolong termurah se-Asia.

Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi mengaku prihatin dengan pertumbuhan jumlah perokok muda sebesar 14% per tahun.

Single content advertisement top

‘’Industri rokok nasional bukan lagi menjadi ancaman bagi generasi mendatang. Karena sudah terjadi, skalanya sudah menjadi masalah besar. Kami prihatin dengan derasnya pertumbuhan perokok muda,’’ tegasnya di Jakarta, Kamis (04/07/2013).

Dikatakan Tulus, pemerintah seharusnya segera bertindak dalam mengatur industri rokok. Suka atau tidak, rokok adalah produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Sudah waktunya pemerintah menerapkan aturan ketat. ‘’Dua langkah yang bisa dilakukan pemerintah. Naikkan cukai dan larang segala bentuk iklan rokok,’’ tegasnya.

Terkait cukai rokok di Indonesia, dinilainya terlalu rendah di banding Negara-negara di Asia. Data 2009, besaran cukai rokok tanah air terendah ke-13. Artinya, harga rokok Indonesia tergolong sangat murah dibandingkan negara lainnya. ‘’Bisa saja kenaikannya sampai 80%,’’ timpalnya. (INILAH)

Editor: SNA

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Pengumuman SBMPTN Diumumkan 9 Juli 2013

Alat Bedah Operasi Bayi Kembar Siam Tertinggal di Pesawat

Related posts
Your comment?
Leave a Reply