3:11 pm - Selasa November 24, 4105

Pertumbuhan Ekonomi Aceh 1,28% Pada Triwulan II

310 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh mencatat pertumbuhan ekonomi provinsi itu pada triwulan II 2013 tumbuh sebesar 1,28 persen dibanding triwulan sebelumnya.

“Pertumbuhan ekonomi di Aceh yang cukup tinggi tersebut terjadi jika dihitung tanpa minyak dan gas,” kata Kepala BPS Provinsi Aceh Hermanto di Banda Aceh, kemarin.

Sementara jika dihitung dengan minyak dan gas (migas) pertumbuhan ekonomi Aceh pada triwulan II hanya tumbuh 0,81 persen dibanding triwulan pertama tahun 2013.

“Sektor pertanian masih andil bagian cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi Aceh dengan sumbangan sebesar 26 persen.” Katanya.

Single content advertisement top

Posisi kedua di sumbang sektor perdagangan, hotel dan restoran  sebesar 17 persen dan kemudian komponen konsumsi rumah tangga 40 persen dan pemerintah 23 persen.

Ia mengatakan Struktur PDRB Aceh ADHB dengan minyak dan gas meningkat menjadi Rp. 25,49 triliun pada triwulan II tahun 2103 dan tanpa migas meningkat menjadi Rp. 21,89 triliun.

Sedangkan dengan harga konstan 2000, PDRB ADK triwulan II tahun 2013 dengan migas tercatat sebesar Rp. 9,45 triliun dan tanpa migas menjadi Rp. 8,52 triliun.

“Kami berharap Pemerintah Aceh dapat terus meningkatkan sektor pertanian sebab sektor tersebut memberi andil bagian terhadap pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Menurut dia, peningkatan pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan secara terus menerus mengingat produksi migas terus mengalami penurunan tiap tahunnya. (Antara).

Editor: khairu

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Ups..Laju Inflasi Juli 2013 Sebesar 3,29 Persen

Hatta Rajasa Tinjau Kesiapan Pelabuhan Kreung Geukeuh

Related posts
Your comment?
Leave a Reply