4:59 pm - Jumat September 22, 2017

Pertamina ‘Blacklist’ 89 Perusahaan Sewa Tanker

426 Viewed Redaksi 0 respond

Ilustrasi (hariansib.co)

Jakarta--PT Pertamina (persero) ternyata sudah memberi daftar hitam ke 89 perusahaan kapal tanker. Pasalnya ke 89 perusahaan tersebut sudah melakukan aksi penyelundupan minyak milik Pertamina.

“Sampai saat ini pertamina sudah memblacklist 89 ABK ,” ujar Drektur Niaga dan Pemasaran Hanung Budya di Banggar DPR, seperti dilansir tribunnews, Jumat (13/6)

Single content advertisement top

Ternyata kapal yang disewa Pertamina dan sudah masuk daftar hitam semua berasal dari perusahaan Indonesia yang mendapat izin cabotage.”Semua berbendera Indonesia asas cabotage ya,” kata Hanung.

Hanung menjelaskan beberapa kejahatan yang dilakukan 89 perusahaan sewa itu langsung ditindak secara hukum. Selain itu kontrak 89 perusahaan tersebut segera diputus.

“Ada kontrak yang melakukan pelanggaran-pelanggaran baik ringan maupun berat sudah kita berikan sanksi,” ungkap Hanung.

Selama ini pihak Pertamina memberi sanksi kepada nahkoda kapal sewa tersebut.”Sebagian besar adalah nahkoda dan itu berasal dari kapal sewa,” tambah Hanung.

Untuk mengurangi kejahatan yang terjadi akibat penyelundupan minyak, Pertamina rencananya akan menambah kapal tanker sendiri. Dengan begitu Pertamina tak perlu menyewa kapal sewaan.

“Pertamina sudah menambah kapal cadangan secukupnya baik untuk mengangkut minyak mentah atau pun BBM,” papar Hanung.

Sebelumnya diketahui kapal Jelita Bangsa mengangkut minyak mentah dari Pertamina sebesar 60 ribu metrik ton atau senilai seharga Rp 488 miliar. Minyak mentah diambil dari Kepulauan Riau, dari lapangan yang digali oleh Chevron.

Minyak mentah itu rencananya akan dibawa ke Balongan untuk diolah. Namun dalam perjalanan dari Kepri ke Batam, kapal tersebut berubah haluan ke Malaysia. Pada akhirnya nahkoda kapal tersebut ditangkap oleh Bea Cukai karena tidak membawa dokumen dan merubah arah haluan sesuai tujuan tanpa izin. (trb/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Terbatas Pasokan, Harga Sayur Mayur Melambung di Aceh

Doto Zaini Minta Bank Aceh Salurkan Kredit Pada Sektor Produktif

Related posts
Your comment?
Leave a Reply