Gaya Hidup

Permintaan Peci ‘Khas Aceh’ Meningkat Selama Ramadhan


Samudera, Aceh Utara—Datangnya bulan suci Ramadhan disambut dengan meningkatnya permintaan peci (kopiah) di sejumlah sentra produksi peci di Gampong Teupin Ara, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara.

Permintaan datang dari Aceh Utara, Lhokseumawe dan Bireun. Untuk memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat pada Ramadhan ini, terpaksa para pengrajin harus menambah jam kerja hingga dini hari.

Karimuddin (45), salah seorang pengrajin peci, sudah 25 tahun ia menekuni usaha tersebut, dengan modal awal Rp 4 juta. Dari modal itu dibelinya bahan baku benang emas, benang putih salju dan peralatan seperti mesin jahit, gunting dan mesin obras.

“Ketika bulan puasa seperti ini permintaan kopiah meningkat hingga 2 kali lipat dari bulan biasanya. Di bulan suci inilah para pengrajin kopiah seperti kami ini diberikan limpahan rejeki dengan kebanjiran order pesanan,” tutur Kamaruddin kepada PikirReview.Com, Senin (15/7).

Usaha home industri yang dirintis Kamaruddin dari tahun ke tahun terus berkembang dan membuahkan hasil. Kini usahanya kewalahan memenuhi permintaan pasar yang meningkat tajam, terlebih saat bulan Ramadhan.

Usaha turun-temurun dari keluarga ini mampu memproduksi 200 kodi dengan berbagai macam jenis kopiah setiap bulannya. (fohan)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>