4:58 pm - Selasa November 21, 2017

Peringati Tragedi 12 Mei 1998, Mahasiswa Trisakti Gelar Aksi Teaterikal

359 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta –Tak cuma berorasi, untuk mengenang tragedi 12 Mei 1998, ratusan mahasiswa Trisakti menggelar aksi teatrikal di depan Istana Merdeka. Dalam aksi teatrikal itu, mereka menghadirkan kembali situasi tragis pada 15 tahun silam yang merenggut nyawa 4 mahasiswa Trisakti itu.

Seperti dilansir Liputan6.com, Minggu (12/5/2013), sebanyak 4 mahasiswa memerankan korban dari tragedi itu, yakni Heri Hertanto, Hendriawan Sie, Hafidhin Royan, dan Elang Mulya Lesmana. Sambil mengacung-acungkan kertas bertuliskan tuntutan, mereka berakting layaknya demo pada 1998 lalu.

Single content advertisement top

Di tengah demo dalam aksi teatrikal itu, 4 mahasiswa terjatuh, seolah-olah terkena tembakan. Teriakan-teriakan histeris mahasiswa lain pun menyeruak ketika 4 orang itu ‘dilumpuhkan’. Sementara itu, tepukan tangan dari ratusan mahasiswa yang tengah menonton rekan-rekannya ini menambah riuh aksi.

Drama ini semakin dramatis ketika pembacaan puisi mengiringi akting para mahasiswa itu. Dinaungi payung hitam sebagai simbol belasungkawa, Jogi, mahasiswa Fakultas Hukum Trisakti membacakan bait demi bait puisi yang membawa pada kenangan 15 tahun lalu itu.

“Kami lagi demontrasi, ada kerusuhan, penembakan, dan di situlah muncul suara-suara mahasiswa yang berteriak. Judul puisinya ‘Kenang Tangis Tanah Air Kami’,” ujar Jogi di Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Minggu (12/5/2013).

Jogi menuturkan, mahasiswa-mahasiswa yang beraksi teatrikal tadi tergabung dalam Unit Seni dan Budaya Universitas Trisakti sebagai bentuk kontribusi dalam peringatan tragedi 12 Mei 1998.

“Konsep teatrikal ini baru tadi pagi, tapi sudah dipikirkan sejak beberapa hari lalu. Latihan 1 hari full. Nanti 3 kali tampil. Kemarin kami tampilnya malam, jadi pakai senter untuk melambangkan cahaya. Kan mahasiswa itu cahaya,” pungkas Jogi. (liputan6.com)

Editor: redaksi (sna)

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
prev-next.jpg

Kupon Berhadiah Kembali Resahkan Masyarakat

Avanza Kembali Masuk Saluran Air Perumahan PT. Arun

Related posts
Your comment?
Leave a Reply