3:11 pm - Rabu November 24, 3976

Peringati 9 Tahun Tsunami, Teater ‘L’ Gelar Teatrikal Jalanan

233 Viewed Redaksi 0 respond

Lhokseumawe–Komunitas Teater Lazuardi (KTL) Lhokseumawe kembali menggelar aksi jalanannya dalam rangka memperingati 9 tahun musibah gempa dan tsunami yang menghancurkan sebagian negeri Serambi Mekkah pada 26 Desember 2004 silam.

Dalam aksi kali ini, Komunitas Lazuardi, dengan Teater “L”-nya itu melakukan beragam aksi yang dikupas dalam Teatrikal Jalanan dalam kota Lhokseumawe, Kamis (26/12).

Selain melakukan teatrikal jalanan yang diberi tema ‘Generasi Lumpur”,  menyelenggarakan aksi baca puisi di jalanan serta melakukan do’a dan zikir bersama yang dipusatkan di gedung KNPI Lhokseumawe.

Menurut kordinator aksi, Muhammad Febriansyah, aksi teatrikal jalanan yang bermandikan lumpur ‘ala korban tsunami’ bukan untuk merekayasa ulang peristiwa tsunami, namun sebagai seniman lebih kepada refleksi agar kita semua mampu memetik pelajaran dari peristiwa tersebut.

“Jadi kita merefleksikannya dengan tema generasi lumpur, yaitu generasi masyarakat Aceh yang semakin mengalami kemunduran dari berbagai segi, salah satunya moral. Dan ini adalah pandangan kedepan bahwa mau jadi seperti apa bangsa ini jika terus menerus tidak memahami sebuah teguran bahkan dari Allah”, ungkap Febriansyah, yang disapa personal KTL sebagai Eby itu.

Single content advertisement top

Menurutnya, dari segi penggarapanpun aksi jalanan ini melibatkan beberapa skenografi atau gerakan-gerakan teaterikal sebagai simbolis dan dipentaskan secara terbuka dan puluhan puisi yang tertuju kepada bencana ini, dari penyair Aceh sendiri, maupun penyair Nasional.

Kegiatan yang dimulai sekira pukul 15.30 sampai 18.00 WIB dengan mengambil lokasi bundaran simpang Kuta Blang Lhokseumawe itu bertujuan untuk mengajak semua masyarakat dari berbagai golongan untuk ikut mengenang kejadian tsunami dan merefleksikannya pada pribadi diri sendiri. (rilis)

Editor: Safta

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Kemenag Aceh Tengah Gelar Beragam Lomba Pada Kemsitida Ke-III

LPPTKA Aceh Tengah Wisuda 1.451 Santri Qur’ani

Related posts
Your comment?
Leave a Reply