3:11 pm - Minggu November 23, 4251

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Aceh

437 Viewed Redaksi 0 respond

Aceh Utara–Sebagai ungkapan rasa cinta yang mendalam kepada Baginda Nabi Muhammad SAW, kaum muslimin di seantero bumi, termasuk di Nusantara, Selasa (14/1) memperingati Mauludun Nabi, yang bertepatan dengan hari kelahiran Baginda Rasulullah SAW, 12 Rabi’ul Awwal.

Peringatan Maulid Nabi, dalam tradisi bangsa Indonesia, di mulai sejak awal 12 Rabi’ul Awwal hingga 2 bulan ke depan akan terus berlanjut. Lebih-lebih dalam dalam tradisi masyarakat Aceh, bahkan diperingati hingga 3 bulan lamanya.

Pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal, di Aceh, biasanya diperingati di masjid-masjid ibukota pemerintahan; seperti provinsi, kabupaten/kota, serta juga di masjid ibukota kecamatan dan kemukiman.

Single content advertisement top

Hari-hari berikutnya, akan diikuti oleh tempat-tempat ibadah kaum muslimin yang berskala kecil seperti sarau, mushalla atau dalam istilah Aceh disebut ‘Meunasah’ (langgar-red).

Dalam tradisi msyarakat Aceh, peringatan maulid Nabi memiliki arti yang sangat penting  sebagai ungkapan rasa cinta mendalam kepada Baginda Nabi SAW yang telah berjuang menegakkan agama Allah (Islam)  dimuka bumi ini.

Warga masyarakat, selain menggelar bacaan shalawat, wirid, zikir (meudike dan meurukon–istilah Aceh), dan mengadakan kenduri maulid untuk dibawa ke ‘meunasah’ sekira pukul 10.00 WIB, pada malam harinya juga diisi dengan ceramah agama (tablig) dengan mengundang da’i-da’i dari berbagai wilayah di Aceh.

Kenduri yang telah dibawa warga kemudian pada siang hari sebelum dhuhur, menggelar makan bersama berbagai lapisan masyarakat; orang kaya, fakir miskin, dan yatim piatu menyatu di ‘meunasah’.

Dalam tradisi Aceh, peringatan Mauludun Nabi ini sudah menjadi turum temurun sejak zaman kerajaan Aceh masa lalu.

Merunut sejarah, para indatu atau leluhur masyarakat Aceh zaman dulu juga memperingati maulid Nabi dengan berbagai aneka kegiatan; dakwah Islamiyah, shalawat, zikir, wirid dan juga mengadakan kenduri untuk bersantap bersama; pihak kerajaan dengan rakyatnya. (faizin)

Editor:  Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Mengajarkan Musik Sejak Dini, Tidak Tingkatkan Kecerdasan Anak

prev-next.jpg

SSB Indonesia, Biaya Mahal Hasil Tak Jelas

Related posts
Your comment?
Leave a Reply