5:05 pm - Selasa November 21, 2017

Penumpang KA Kreueng Mane-Kreueng Geukeuh Membludak

281 Viewed Redaksi 0 respond

Aceh Utara–Sudah sepekan lamanya Kereta Api (KA) listrik beroperasi uji coba pada rute Kreueng Mane-Bungkah-Kreueng Geukeuh, Kabupaten Aceh Utara dipenuhi sesak warga masyarakat.

Pantauan pikirreview.com di stasiun Bungkah, Muara Batu Aceh Utara, Minggu (8/12), para warga berduyun-duyun datang ke stasiun untuk naik Kereta Api., meskipun rute yang dilalui KA itu jarak dekat.

Warga sudah datang sejak pukul 13.30 WIB siang, sedangkan KA baru berangkat sekira pukul 14.15 WIB melayani warga masyarakat secara gratis selama sebulan.

Menurut salah seorang petugas stasiun Bungkah, Nurdin (50), untuk bulan desember 2013 pihak KA memberi layanan gratis bagi warga masayarakat yang hendak naik KA.

“Ya bang, selama satu bulan ini masih gratis. Ini sesuai dengan intruksi dari pusat (baca: pemerintah pusat), dan nanti pada tanggal 01 januari 2014 baru tidak gratis lagi”, ujarnya.

Single content advertisement top

Dia juga menambahkan, “kan ini masih uji coba, apakah ada penumpang atau tidak ada. Tapi sudah seminggu dioperasikan, selalu ramai bang, apalagi hari minggu kayak gini, bisa mencapai ribuan”,

Menurutnya, masyarakat sudah kangen dengan kereta api, karena sejak tahun 1979 perkeretaapian di Aceh tidak beroperasi lagi.

“Ya, masyarakat rindu dengan dengan KA, mereak hanya lihat di tivi saja. Lagi pula di Aceh sudah lama sekali tidak ada angkutan kereta api, kalau tidak salah saya, tahun 1979 sudah ditutup”, tegas Nurdin, yang sehari-hari bertugas mengatur kenyamanan para warga yang ingin naik KA di stasiun Bungkah itu.

Spontan saja para warga masyarakat tua dan muda ingin mencobanya karena telah dioperasikan Dinas Perhubungan Aceh Utara, sejak 01 Desember lalu.  Para warga tidak hanya masyarakat Aceh Utara dan Lhokseumawe, namun juga datang dari Kabupaten Bireuen pada hari libur, seperti Sabtu dan Minggu

Mereka datang ke stasiun Bungkah, tempat KA parkir, sambil berekreasi naik KA. Pada umumnya, penumpang KA rute Kreueng Mane-Bungkah-Kreueng Geukeuh dalam tahap uji coba adalah anak-anak usia SD, SMP dan SMA, serta kaum  kaum ibu tua dan muda.

Miris, jika Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, sejak dioperasikan KA di Aceh Utara mensinyalir bahwa Aceh tak butuh kereta api lagi.

Sementara para warga masyarakat malah berharap agar pihak pemerintah pusat dapat membuka jalur KA yang sudah dioperasikan itu, dari kota Bireuen-Kreueng Geukueh-Lhokseumawe-Lhoksukon.

“Aturannya, kereta api ini jangan jarak dekat, ya dari Bireuen ke Lhoksukon-lah, pasti rame penumpangnya. Biar masyarakat bisa merasakan lagi angkutan kereta api seperti dulu”, ujar Tgk. Ibrahim (65), salah seorang penumpang KA dari Kreung Geukeuh-Kreueng Mane, Aceh Utara. (swa)

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Ruas jalan Dalam Kota Lhokseumawe Tergenang Air

Di Makassar, Peringati Hari Anti Korupsi Rusuh

Related posts
Your comment?
Leave a Reply