8:54 pm - Selasa November 21, 2017

Pemkot Banda Aceh Akan Kembangkan E-Dayah

363 Viewed Redaksi 0 respond
Ilustrasi (depositphotos.com)

Banda Aceh–Pemerintah Kota Banda Aceh sedang berencana akan mendorong terciptanya digitalisasi dayah (pesantren) dengan sebutan program tersebut e-dayah. Dengan demikian dayah yang terkesan tertinggal secara Informasi Teknologi (IT) bisa diatasi dan tidak dianggap lagi ketinggal zaman.

Nantinya setiap dayah yang sudah memiliki e-dayah yang ada di Banda Aceh akan bisa diakses melalui jaringan internet oleh masyarakat. Baik itu kurikulum, data santri dan kebutuhan lainnya termasuk sejarah dayah tersebut bisa diperoleh melalui online.

Seperti dilansir merdeka.com, kemarin, Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal menyambut baik rencana Dinas Syariat Islam (DSI) Banda Aceh terhadap perkembangan pendidikan dayah secara digital. Lembaga pendidikan dayah harus mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lain yang saat ini dianggap lebih baik dan modern.

Single content advertisement top

“Kita tidak ingin dayah akan tergilas zaman, mereka harus berkembang mengikuti zaman namun tetap harus berada dalam bingkai Syariat Islam,” ujar Illiza Saaduddin Djamal usai membuka workshop manajemen dayah se-Kota Banda Aceh, Senin (25/8) di Aula Rumoh PMI, Banda Aceh.

Sehingga nantinya, katanya, dengan adanya manajemen yang lebih professional, maka dayah di Banda Aceh akan mampu bersaing di era globalisasi dan modern seperti sekarang ini.

“Jadi, paradigma bahwa pintar berbahasa Inggris dan IT hanya jika sekolah di lembaga pendidikan umum nanti dapat kita ubah, karena di dayah-dayah juga akan mendapatkan pendidikan yang sama baiknya,” ujar Illiza optimis.

Kata Illiza, padahal sejarah mencatat, dayah telah banyak melahirkan ulama-ulama besar di Aceh dan memiliki kontribusi besar bagi agama dan bangsa ini. “Kita ingin dayah hari ini akan mengulang sejarah itu,” harap Illiza. (mdk/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Aceh Tengah Alami Kelangkaan Solar

Aceh Tuan Rumah IMT-GT

Related posts
Your comment?
Leave a Reply